Santai

Rambut Keriting Susah Diatur? Ini 5 Tips Mudah untuk Merawat Rambut Keriting!

Rambut Keriting Susah Diatur? Ini 5 Tips Mudah untuk Merawat Rambut Keriting!

MOMSMONEY.ID - Rambut curly atau keriting tentunya memerlukan banyak perhatian melalui beberapa perawatan khusus.

Hal tersebut disebabkan karena rambut keriting memiliki tendensi untuk kering dan rentan rusak dibanding dengan jenis rambut lainnya.

Baca Juga: Tak Hanya Bikin Tidur Nyenyak, Ini 4 Manfaat Gunakan Sarung Bantal Sutra!

Berikut ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membantu merawat rambut curly atau keriting dengan mudah.

Hidrasi dengan benar

Para ahli dari laman Bustle setuju bahwa cara untuk merawat rambut curly atau keriting adalah dengan memberikan kelembapan yang cukup. Berikan hidrasi pada rambut kering dengan menggunakan produk seperti hair mask atau kondisioner agar rambut menjadi lebih lembut. Pilihlah juga produk deep mask atau deep conditioner yang bisa merawat rambut rusak dari dalam.

Hindari keramas setiap hari

Rambut keriting akan cenderung memiliki sifat kering, sehingga terlalu sering keramas bisa semakin memperparah kekeringan dari rambut keriting. Sebaiknya cuci rambut dua kali seminggu dan gunakan shampoo yang melembabkan rambut. Pilihlah kandungan shampoo dengan bahan yang membantu memberikan nutrisi dan mengembalikan kelembapan rambut.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Shampo Buat Rambut Bebas Rontok dan Sehat!

Rutin lakukan deep conditioning

Melansir dari laman Who What Wear, perawatan wajib yang harus dilakukan untuk merawat rambut keriting atau curly adalah dengan rutin melakukan deep conditioning. Cara tersebut bisa membantu untuk melembutkan rambut dan menjadi lebih mudah diatur. Deep conditioning sendiri adalah proses yang dilakukan dengan melapisi rambut dengan produk yang menutrisi dari dalam seperti hair mask dan deep conditioner.

Gunakan hair oil

Menggunakan tambahan hair oil atau minyak rambut pada step akhir perawatan rambut curly juga bisa dilakukan. Hair oil atau minyak rambut bisa membantu untuk mengunci kelembapan rambut, melindungi ujung rambut, dan melembutkan rambut. Gunakan hair oil dalam jumlah sedikit agar tidak membuat rambut terlihat lepek dimulai dari ujung rambut hingga menuju ke area tengah rambut saja.

Gunakan hair protector

Jika ingin memberikan tampilan berbeda pada rambut, jangan lupa untuk selalu menggunakan hair protector sebelum menggunakan alat pelurus atau pengeriting rambut. Alat-alat pelurus yang menggunakan energi pemanas bisa menyebabkan rambut menjadi kering. Sehingga ada baiknya untuk selalu menggunakan hair protector untuk melindungi rambut sebelum dicatok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News