Bugar

Rambut Kering? Coba 4 Cara Alami Ini Buat Mengatasinya!

Rambut Kering? Coba 4 Cara Alami Ini Buat Mengatasinya!

MOMSMONEY.ID - Cara mengatasi rambut kering bisa Anda coba untuk membuat kondisinya menjadi lebih sehat.

Sebab, rambut kering bisa membuat Anda kurang pede karena membuat rambut terlihat lebih kusam, tak bernutrisi, lebih mudah rapuh, hingga sulit ditata.

Masalah rambut ini dapat terjadi pada perempuan maupun laki-laki di segala rentang usia. Ada banyak sekali faktor penyebab rambut kering disertai rontok bisa terjadi. 

Baca Juga: Ini 5 Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Ada beberapa cara mengatasi rambut kering secara alami yang ampuh dan mudah dilakukan di rumah, seperti yang dilansir dari Women's Health, antara lain: 

Mandi air dingin

Jika Anda sering mandi dengan air yang terlalu hangat, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Air panas yang digunakan untuk membilas tubuh saat mandi juga bisa membuat rambut jadi panas. 

Setelah keramas, bilaslah rambut dengan air yang lebih dingin selama satu atau dua menit untuk merevitalisasi helai rambut dan menyegarkan kulit kepala.

Gunakan minyak esensial

Minyak argan telah menjadi obat rumahan yang populer untuk rambut kering. Meski bukti ilmiah yang menguji efektivitasnya belum banyak, minyak ini bisa dicoba tanpa takut efek samping karena sifatnya alami. 

Menggunakan beberapa tetes minyak argan di ujung rambut dapat membuat rambut tampak lebih lembap dan berkilau.

Minyak esensial lainnya, seperti minyak peppermint dan minyak lavender, juga bisa digunakan jika Anda memiliki masalah lain seperti rambut rontok.

Baca Juga: Tak Hanya Segar, Ini 4 Manfaat Mengkonsumsi Nanas bagi Kesehatan!

Rutin gunakan masker rambut 

Penggunaan masker rambut untuk rambut kering bisa jadi pilihan cara mengatasi rambut kering dan mengembang. Salah satu masker rambut yang bisa digunakan adalah alpukat.

Alpukat kaya akan vitamin A, vitamin E, dan aneka mineral, yang dapat membantu memelihara rambut rusak dan kering, sekaligus melembapkan dan menguatkannya.

Anda bisa menghaluskan daging buah alpukat yang sudah matang, dan mencampurkannya dengan 1 butir telur. 

Pakai vitamin rambut

Rambut juga membutuhkan vitamin agar lebih sehat dan kuat. Penggunaan vitamin rambut bertujuan sebagai cara agar rambut tidak kering sehingga membuatnya tampak lebih bernutrisi. 

Ada berbagai produk vitamin rambut yang bisa dipilih, tetapi pastikan untuk menggunakan vitamin rambut kering. 

Pilih vitamin rambut dengan komposisi vitamin lengkap, seperti vitamin A, untuk merangsang minyak alami pada kulit kepala keluar sehingga menjaga rambut tidak kering. 

Itulah beberapa cara mengatasi rambut kering secara alami yang bisa dicoba di rumah. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News