Bugar

Ramah di Kantong! Inilah Makanan Diet yang Murah dan Sehat

Ramah di Kantong! Inilah Makanan Diet yang Murah dan Sehat

MOMSMONEY.ID - Memulai diet sehat tidak harus menguras dompet. Banyak orang mengasumsikan bahwa makanan sehat identik dengan harga yang tinggi. Namun kenyataannya, ada beragam pilihan makanan diet yang murah dan sehat yang bisa Anda konsumsi.

Di bawah ini, Momsmoney telah merangkum beberapa makanan diet yang murah dan baik untuk kesehatan. Simak, yuk!

1. Telur

Makanan diet murah yang bisa Anda coba adalah telur. Kandungan protein yang ada di dalamnya mampu membantu mengendalikan nafsu makan Anda karena membuat kenyang lebih lama.

Telur juga meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori. Masak telur dengan cara direbus atau gunakan minyak yang lebih sehat jika ingin digoreng.

Baca Juga: Sedang Diet? Ketahui Kalori Harian untuk Wanita Diet Berikut yuk

2. Terong

Melansir dari laman Alodokter, terong adalah sayuran dengan karbohidrat yang rendah. Ini menjadikannya pilihan yang cocok untuk diet pemula. Selain itu, terong kaya akan nasunin yang melindungi dari radikal bebas serta mendukung kesehatan jantung dan otak.

3. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang kaya nutrisi dan terjangkau, sangat baik untuk mencapai berat badan ideal. Bayam mengandung vitamin A, beta karoten, dan lutein yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, termasuk kanker, serta membantu menurunkan tekanan darah.

4. Kol

Kol adalah sayuran yang mudah diolah menjadi berbagai jenis hidangan dan dapat mendukung keberhasilan diet Anda. Konsumsi kol yang cukup juga membantu dalam mencegah dan mengatasi sembelit, berkat kandungan serat dan airnya.

Baca Juga: Apakah Kurma Bagus untuk Diet? Begini Hasil Penelitian!

5. Kacang Hijau

Kacang hijau adalah pilihan camilan sehat yang kaya protein, membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk ngemil. Mengonsumsi kacang hijau secara teratur juga membantu menjaga kekuatan otot dan mencegah kerusakan otot.

6. Buah-buahan

Buah-buahan seperti semangka, melon, blewah, dan nanas, yang tinggi kandungan air, dapat dijadikan camilan yang menyegarkan dan rendah kalori.

Buah-buahan ini juga memiliki sifat antioksidan dan antiradang yang membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit serta mendukung sistem pencernaan yang sehat.

7. Dada Ayam

Dada ayam adalah pilihan tepat untuk diet karena rendah kalori dan kaya protein yang mendukung penurunan berat badan serta pembentukan massa otot. Hindari mengolah dada ayam dengan minyak, mentega, atau saus yang tinggi kalori dan lemak.

8. Ikan

Beberapa jenis ikan seperti kembung, tongkol, kod, sarden, bawal, dan lele, sangat baik dimasukkan dalam menu diet.

Ikan ini tidak hanya membantu dalam penurunan berat badan tetapi juga kaya akan asam lemak omega-3 yang meningkatkan imunitas, mengurangi peradangan, dan menjaga kesehatan otak.

Baca Juga: 5 Infused Water untuk Diet, Bantu Bakar Lemak dan Kecilkan Timbangan

9. Tomat

Tomat, yang sering dianggap sebagai sayuran, sangat bagus untuk diet karena rendah kalori, karbohidrat, dan lemak. Mengonsumsi tomat secara rutin juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

10. Mentimun

Tambahkan mentimun ke dalam menu diet untuk mendapatkan manfaat dari kandungan air dan serat larut yang tinggi serta kalori yang rendah. Konsumsi timun dapat membantu mengurangi nafsu makan dan menurunkan berat badan.

Nah, itulah daftar makanan diet yang murah dan sehat yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News