Bugar

Rahasia Bugar dan Umur Panjang, Ikuti Tips Hidup Sehat di Umur 30 Tahun Berikut

Rahasia Bugar dan Umur Panjang, Ikuti Tips Hidup Sehat di Umur 30 Tahun Berikut

MOMSMONEY.ID - Dengan kebiasaan hidup sehat, Anda dapat tetap bugar dan bahkan memperpanjang umur. Apa saja tips hidup sehat di umur 30 tahun ya?

Memasuki usia 30 tahun adalah waktunya bagi Anda untuk mulai memikirkan kesehatan dan kebugaran jangka panjang. Pada tahap ini, tubuh mungkin tidak lagi sefleksibel dan seenerjik sebelumnya.

Melansir dari laman Very Well Health, berikut adalah beberapa tips hidup sehat di usia 30 tahun yang dapat membantu Anda tetap bugar dan panjang umur:

1. Pertahankan berat badan yang sehat

Memasuki usia 30-an, penting untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Metabolisme dan massa otot tanpa lemak menurun seiring bertambahnya usia, membuat penurunan berat badan lebih sulit.

Makan makanan seimbang yang mencakup buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Jika mengonsumsi daging, pilih potongan tanpa lemak dan jadikan perubahan ini berkelanjutan.

Mengonsumsi lebih banyak protein dan serat juga dapat membantu mengurangi keinginan makan dan menjaga berat badan.

Baca Juga: Menyehatkan Badan! Yuk Intip Nutrisi dan Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

2. Prioritaskan olahraga

Olahraga teratur dapat membuat Anda lebih efisien di tempat kerja dan meningkatkan kesehatan. Lakukan eksperimen selama dua minggu untuk menjadikan olahraga bagian dari rutinitas Anda.

Hasilnya mungkin akan mengejutkan Anda, karena dapat meningkatkan energi, tidur, kreativitas, dan produktivitas.

3. Tidur yang cukup dan berkualitas

Tidur yang cukup dan berkualitas adalah kebiasaan penting untuk kesehatan. Pastikan Anda tidur dalam 30 menit setelah berbaring dan menghindari gangguan tidur. Kurang tidur dapat mempengaruhi tubuh dan pekerjaan Anda, serta menurunkan kesehatan.

4. Temukan cara relaksasi

Relaksasi adalah kunci untuk mencegah penyakit yang terkait dengan stres. Coba meditasi atau yoga untuk membantu menghilangkan stres dan meningkatkan kesejahteraan jangka panjang.

Baca Juga: Apakah Pepaya Bagus untuk Diet? Cek Juga Buah Terbaik untuk Diet Lainnya

5. Rawat kulit

Untuk menjaga kulit tetap sehat dan awet muda, adopsi rutinitas perawatan kulit yang meliputi penggunaan tabir surya. Tabir surya dapat mencegah kanker kulit dan penuaan dini.

Gunakan pelembab atau tabir surya dengan SPF minimal 15 setiap hari, serta rutin membersihkan dan melembabkan kulit.

6. Makan sayuran

Buah dan sayuran adalah makanan terbaik untuk kesehatan. Makanan ini mengandung banyak nutrisi dan membantu menjaga kesehatan jantung serta arteri.

7. Minum banyak air

Tetap terhidrasi dapat mencegah penyakit ginjal dan jantung. Jumlah air yang dibutuhkan bervariasi, tetapi 4-6 gelas sehari adalah pedoman yang baik. Perhatikan warna urine Anda sebagai indikator hidrasi.

Baca Juga: Daftar Makanan Diet Karbo untuk Menurunkan Berat Badan, Konsumsi yuk

8. Mulai screening dan tes

Tes kesehatan berkala diperlukan untuk mendeteksi masalah seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup lainnya. Tes ini juga penting untuk pencegahan dan tindakan dini.

9. Berhenti merokok dan kurangi alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang dan penuaan dini. Berhenti merokok dan mengurangi alkohol dapat memperpanjang umur Anda.

10. Jaga gigi Anda

Penelitian menunjukkan bahwa menjaga kesehatan gigi dapat membantu hidup lebih lama. Sikat dan flossing gigi secara teratur dan temui dokter gigi untuk perawatan rutin.

11. Seimbangkan rumah dan kantor

Usia 30-an adalah saat karier Anda mungkin sedang berkembang. Seimbangkan kehidupan rumah dan kerja untuk mengurangi stres dan mencapai kehidupan yang lebih baik.

Nah, itulah beberapa tips hidup sehat di umur 30 tahun agar tetap bugar dan umur panjang. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News