HOME, Keluarga

Ragam Tanaman Sayur yang Tumbuh Subur pada Musim Hujan

Ragam Tanaman Sayur yang Tumbuh Subur pada Musim Hujan

MOMSMONEY.ID - Selama musim hujan, kebanyakan tanaman mengalami masalah pertumbuhan. Misalnya, busuk akar atau busuk batang. Ini karena tanaman tersebut tidak menyukai kelembapan tinggi atau tanah yang terus-terusan tergenang air.

Kendati demikian, ada beberapa tanaman yang menyukai kelembapan tinggi dan akan tumbuh subur pada musim hujan. Tanaman ini adalah tanaman sayur-sayuran. Dilansir dari Plantic, berikut 7 tanaman sayur yang tumbuh subur selama musim hujan:

Baca Juga: Ini Cara Mengatasi Tanah Masam untuk Tanaman

Cabai hijau

Ada banyak jenis cabai yang bisa ditanam di pekarangan rumah. Salah satunya adalah cabai hijau. Ini sangat cocok ditanam selama musim hujan karena dapat tumbuh dengan subur. Buah cabainya dapat dipanen setelah 50-60 hari penanaman.

Terong

Terong banyak dijadikan sebagai bahan makanan yang bernutrisi di seluruh dunia. Sayuran ini mudah ditanam dalam pot dan beradaptasi dengan baik selama musim hujan.

Anda dapat menanamnya mulai dari biji sebelum musim penghujan. Setelah 2-3 minggu,terong akan mulai berkecambah. Selanjutnya Anda dapat merawatnya dengan baik. Buah terong dapat dipanen setelah 50-60 hari.

Kacang polong

Kacang polong adalah salah satu tanaman yang dapat beradaptasi dengan baik selama musim hujan. Waktu menanam terbaik adalah sekitar bulan Agustus. Meski tumbuh baik di musim hujan, kacang polong tetap membutuhkan sinar matahari yang cukup. Setelah tanaman ini tumbuh, Anda dapat memanennya sekitar 1 bulan-2 bulan kemudian.

Lobak

Lobak merupakan makanan sehat yang biasanya dijadikan salad atau sup. Rasanya pedas dan cocok dihidangkan saat musim hujan. Nah, tanaman ini termasuk tumbuh subur di musim hujan. Setelah penanaman, tanaman ini dapat dipanen setelah berusia 3 minggu -sampai 1 bulan.

Baca Juga: Ini Macam-Macam Jenis Sukulen yang Mudah Dirawat

Kangkung

Kangkung sangat populer di Indonesia. Kangkung dapat hidup di dataran rendah dengan kelembapan yang cukup tinggi dan tumbuh subur di musim penghujan. Jadi, Anda tak perlu menyiraminya secara rutin karena hujan sudah pasti menyiraminya. Kangkung dapat dipanen 2-3 bulan setelah penanaman.

Timun

Bagi orang Indonesia, timun tak boleh absen sebagai menu pendamping seperti lalapan. Timun yang segar pastilah timun yang dipanen dari kebun langsung. Anda dapat menanamnya saat musim penghujan karena timun mampu tumbuh subur di masa ini. Kendati demikian, timun membutuhkan perawatan yang cukup serius karena mereka merupakan tanaman merambat.

Tomat

Sebagai salah satu bahan masakan dan bumbu, tomat banyak dibudidaya di perkebunan rumah tangga. Tanaman tomat termasuk yang mudah tumbuh, terutama saat musim penghujan. Meski tanaman ini subur di musim hujan, Anda harus tetap memberikannya tambahan nutrisi dengan pupuk organik. Tanaman ini juga tetap membutuhkan sinar matahari langsung di luar ruangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News