Keluarga

Ragam Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Ragam Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

MOMSMONEY.ID - Susu kambing mengandung asam lemak yang lebih banyak dibandingkan susu sapi atau susu kerbau. Termasuk sumber yang kaya akan kalsium, potassium, magnesium, vitamin A, dan vitamin C, susu kambing memiliki beragam manfaat kesehatan termasuk untuk kulit.

Dapat dikonsumsi secara langsung dan digunakan dalam bentuk sabun atau masker, inilah 5 manfaat susu kambing untuk kesehatan dan kecantikan kulit sebagaimana dilansir dari Onlymyhealth.

1. Membersihkan kulit

Susu kambing memiliki sifat yang sangat lembut untuk kulit. Dengan demikian, susu kambing bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pembersih yang tidak akan menghilangkan kelembaban alami kulit layaknya produk pembersih yang ada di pasaran.

Anda bisa mengoleskan susu kambing ke kulit wajah dan bagian tubuh lainnya setiap hari. Jika memungkinkan, oleskan susu kambing pada wajah sebanyak 2-3 kali sehari. Ini akan membantu menghilangkan kotoran dan asam yang tidak diinginkan dari kulit.

2. Mencegah dan memperbaiki kekeringan kulit

Susu kambing memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi dan bermanfaat bagi kulit. Kandungan nutrisi dalam susu kambing termasuk asam lemak, kalsium, dan natrium. Selain itu, kolestrol dan selenium yang membangun membran kulit juga dapat ditemukan di dalam susu kambing dengan jumlah yang baik.

Jika tubuh kekurangan komponen nutrisi tersebut, kulit akan menjadi sangat cepat kering dan rentan mengalami iritasi. Nah, dengan mengonsumsi susu kambing, itu dapat membantu mencegah dan memperbaiki kekeringan sekaligus masalah kulit seperti psoriasis.

Baca Juga: 6 Tips Mencegah Eyeshadow Mengalami Fallout, Selamat Tinggal Makeup Berantakan!

3. Mengeksfoliasi kulit

Susu kambing mengandung senyawa yang kaya akan AHA (alpha hydroxy acids). Kerap digunakan dalam sejumlah krim medis untuk menyembuhkan kondisi kulit, AHA bertanggung jawab untuk mengobati bekas luka, bintik-bintik penuaan, hiperpigmentasi, dan kerutan.

Dalam susu kambing, ada juga kandungan lactic acid atau asam laktat yang bermanfaat untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit, meningkatkan warna kulit, hingga melembutkan kulit.

4. Mencegah jerawat

Sabun atau produk pembersih berbahan susu kambing memiliki kemampuan untuk membantu mencegah timbulnya jerawat dengan cara membuka pori-pori yang tersumbat dan menghilangkan minyak berlebih pada wajah.

Kendati demikian, hasil yang ditunjukkan mungkin dapat bervariasi dari orang ke orang. Orang yang memiliki banyak jenis jerawat tetap membutuhkan perawatan medis yang tepat. Tapi, karena susu kambing tidak memiliki efek samping bagi kulit, maka bahan alami ini dapat digunakan secara bersamaan dengan pengobatan medis tatkala kulit Anda berjerawat.

5. Meningkatkan bakteri sehat pada kulit

Susu kambing mampu meningkatkan bakteri sehat pada kulit sehingga masalah kulit pun bisa ikut berkurang. Meskipun susu kambing tergolong efektif dalam menghilangkan kotoran dari kulit, namun bahan alami ini tidak akan menghilangkan lipid alami di bawah kulit yang penting untuk kesehatan kulit. Susu kambing dapat mempertahankan mikrobioma kulit yang menciptakan penghalang kuat untuk mencegah patogen yang mungkin menyebabkan gangguan kulit seperti eksim dan jerawat.

Adapun kandungan asam laktat dalam susu kambing dapat membantu meningkatkan efek anti-inflamasi terhadap partikel asing yang masuk ke dalam tubuh. Anda bisa menggunakan sabun susu kambing untuk meningkatkan bakteri sehat pada kulit sehat menciptakan kulit sehat yang berkepanjangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News