HOME, Bugar

Ragam Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan Tubuh

Ragam Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Daun singkong merupakan salah satu sayuran yang kerap dijumpai di rumah makan. Daun singkong dapat diolah menjadi berbagai macam menu masakan seperti gulai, tumis dan rebusan daun singkong. 

Kebanyakan masyarakat Indonesia menyukai daun yang berasal dari tanaman ketela pohon atau bernama latin manihot esculenta ini. Dengan harga jual yang murah, rupanya daun singkong memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh loh, Moms. 

Nah, berikut ini Momsmoney merangkum ragam khasiat daun singkong bagi kesehatan tubuh kita.

1. Melancarkan pencernaan

Daun singkong mengandung serat yang sangat tinggi. Dilansir dari jovee.id, kandungan serat dari daun singkong ini dapat melancarkan pencernaan. Bila pencernaan lancar, tentu secara tidak langsung dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Oleh karena itu, mengonsumsi daun singkong itu baik supaya pencernaan lancar dan tubuh lebih sehat.

Baca Juga: Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan Kulit Wajah

2. Membantu program diet

Daun singkong mengandung protein tinggi sehingga anda akan lebih mudah kenyang. Kenyang yang bersumber dari konsumsi daun singkong akan bertahan lebih lama, sehingga akan sangat membantu program diet. Dengan begitu, bisa menurunkan berat badan secara efektif.

3. Sumber energi 

Mengutip dinkes.ntbprov.go.id, kandungan asam amino esensial dan serat yang ada di dalam daun singkong dapat membantu memberikan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas.

4. Meningkatkan sistem metabolisme

Kandungan vitamin B yang terdapat  dalam daun singkong dibutuhkan untuk membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh agar tetap optimal.

5. Melancarkan sirkulasi darah

Kandungan antioksidan dan asam amino yang terdapat di dalam daun singkong berperan untuk melancarkan sirkulasi darah yang membawa oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Dengan demikian, semua organ-organ tubuh dapat bekerja secara optimal.

Nah, agar bisa merasakan khasiat dari daun singkong, disarankan mengonsumsinya setelah direbus ya, Moms. Proses memasaknya sampai benar-benar matang, sehingga aman untuk dikonsumsi dan mendapat manfaat secara maksimal.

Walaupun daun singkong memiliki banyak manfaat, Moms harus bijak saat mengonsumsinya sehingga dapat merasakan manfaatnya. Dianjurkan untuk tidak mengonsumsi secara berlebihan, terutama untuk anda yang memiliki riwayat hipertensi. Apalagi jika daun singkong dimasak bersama santan, maka akan meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat. 

Selanjutnya: Rayakan Idul Adha dengan Resep Bakso Sayur Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News