HOME, Keluarga

Ragam Jenis Jamur yang Aman Dikonsumsi Jadi Berbagai Masakan Lezat

Ragam Jenis Jamur yang Aman Dikonsumsi Jadi Berbagai Masakan Lezat

MOMSMONEY.ID - Jamur merupakan golongan fungi yang kerap disalahartikan sebagai sebuah tumbuhan. Ada banyak ragam jamur yang hidup di dunia ini, beberapa di antaranya dilarang untuk dikonsumsi karena beracun.

Namun dari ribuan jenis jamur ini, ada juga loh beberapa jenis jamur yang aman dikonsumsi serta bisa dijadikan berbagai macam masakan lezat. Adapun beberapa jenis di antaranya yang bisa dijadikan obat tradisional.

Penasaran kan apa saja jenis-jenis jamur tersebut? Merangkum dari Royco, the Spruce Eats, dan Healthline, berikut selengkapnya!

Baca Juga: Promo Weekend Geprek Bensu 8-10 Oktober 2021, Paket Serba Banyak Hanya Rp 50.000

Jamur Enoki

Jamur enoki merupakan jenis jamur yang kecil, panjang, dan bergerombol. Jamur yang berwarna putih ini memiliki tekstur yang renyah ketika dikunyah.

jamur enoki

Jamur Enoki tumbuh di sisa akar pepohonan yang telah tumbang. Meski begitu, jamur enoki dibudidayakan di negara-negara seperti Jepang, Korea, hingga China, loh!

Jamur enoki biasanya hadir dalam berbagai masakan olahan seperti Shabu-shabu dari Jepang, Mala Hot Pot dari Korea, hingga dipadukan bersama daging panggang.

Baca Juga: Promo Burger King 8-11 Oktober 2021, Diskon Cheban Cheeseburger cuma Rp 10.000

Jamur Champignon

Jamur Champignon merupakan salah satu jenis jamur yang bentuknya bulat dan gemuk. Di Indonesia sendiri, jenis jamur ini lebih dikenal sebagai jamur kancing.

Tidak seperti jamur Enoki yang bertekstur cukup renyah, jamur Champignon bertekstur lembut dan biasanya kerap dijadikan sebagai salah satu bahan campuran dalam sup krim.

Baca Juga: Promo Mingguan J.CO 4-10 Oktober 2021, 2 Box Donut 1/2 Lusin Rp 85.000

Jamur Tiram

Jenis jamur selanjutnya adalah jamur tiram yang bentuknya sangat khas. Jamur ini berbentuk seperti payung. Secara alami, jamur Tiram tumbuh di dekat pepohonan pada hutan yang beriklim sedang & sub-tropis.

Jamur Tiram

Sebagai makanan, jamur tiram biasanya dipakai sebagai salah satu bahan makanan pada makanan-makanan dari Asia Timur, seperti makanan Tiongkok, Jepang, hingga Korea.

Tekstur jamur ini cukup berdaging, sesuai dengan bentuknya yang cukup besar jika dibandingkan jamur lainnya. Apabila dimasak, jamur tiram akan menjadi gurih.

Jamur tiram sendiri bisa diolah jadi berbagai macam masakan, terutama akan sangat cocok apabila dipadukan dengan saus tiram.

Baca Juga: Tumis Jamur Saus Tiram, Resep Lezat & Praktis untuk Sarapan di Rumah

Jamur Maitake

Selanjutnya ada jamur maitake yang biasanya disajikan dalam makanan Jepang.

Jamur Maitake

Baca Juga: Promo Pizza Hut 4-15 Oktober 2021, All You Can Eat Rp 59.000 Senin-Jumat

Dalam bahasa Jepang, “maitake” berarti jamur menari. Alasannya ternyata cukup menarik, loh Moms! Sebab, jamur ini punya khasiat ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit, sehingga ketika orang-orang menemukan jamur ini di alam liar, maka mereka akan menari-nari karena kegirangan.

Selain sebagai masakan, nyatanya banyak orang yang lebih banyak mengonsumsi jamur ini sebagai bahan obat.

Beberapa khasiat jamur maitake di antaranya:

  • Mampu menyembuhkan kesulitan mental & fisik
  • Mengatur kembali fungsi tubuh
  • Sebagai obat tradisional hipertensi & diabetes

Baca Juga: Promo A&W Oktober 2021, Super Deals Buy 2 Get 1 Free Es Krim Sundae Cuma Rp 25.500

Nyatanya, kepercayaan khasiat ampuh terhadap jamur maitake ini ada buktinya, loh!

Riset yang dilakukan pada tahun 2015 lalu yang MomsMoney kutip melalui Helathline mengatakan bahwa jamur maitake terbukti mampu menurunkan kadar glukosa, serta menghasilkan efek yang positif terhadap tikus yang mengidap penyakit diabetes tipe 2.

Dengan adanya penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa jamur maitake berpotensi besar dalam pengobatan diabetes tipe 2 pada manusia.

Selanjutnya: Super Murah! Promo KFC 6-28 Oktober 2021, Aneka Menu Goceng Plus Rp 4.000 - 6.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News