Keluarga

Punya Sofa Kulit Di Rumah? Yuk Intip Cara Merawat & Membersihkannya

Punya Sofa Kulit Di Rumah? Yuk Intip Cara Merawat & Membersihkannya

MOMSMONEY.ID -  Bagaimana cara merawat sofa kulit? Salah satu cara merawat sofa yang terbuat dari kulit adalah jauhkan sofa dari sinar matahari secara langsung. Supaya sofa kulit Anda tidak memudar warnanya. 

Kemudian cara membersihkan sofa yang terbuat dari kulit adalah menggunakan cairan pembersih khusus untuk furnitur kulit sebulan sekali. Melansir Real Simple, setelah Anda membersihkannya, sofa Anda bisa bertahan bertahun-tahun dengan perawatan rutin. 

Jadi seberapa sering Anda perlu membersihkan sofa kulit? Untuk sofa kulit berwarna terang, Anda harus membersihkannya setiap 6 bulan sekali. Sementara cara membersihkan sofa kulit berwarna gelap hanya perlu rutin satu tahun sekali. 

Baca Juga: Lakukan Rutin! 5 Gerakan Freeletics yang Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

Begini cara membersihkan, mencuci dan membersihkan sofa kulit

Pertama, Anda perlu mempersiapkan beberapa bahan yaitu produk cairan pembersih kulit, sabun cuci piring, kain microfiber dan soda kue. Kemudian ini langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Mulai dengan membersihkan debu yang menempel pada sofa. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner.
  • Campurkan air hangat dengan sabun cuci piring. Setelah itu rendam kain dan peras hingga kain tidak terlalu basah.
  • Lap kain tersebut pada bagian yang memiliki noda, namun lap dengan satu arah. Jangan menggerakkan lap dua sisi karena akan merusak permukaan air. 
  • Apabila menemukan noda yang membandel, gunakan kain kering dan sedikit soda kue untuk menghilangkannya. 
  • Keringkan sofa setelah itu semprotkan cairan pembersih ke kain bersih dan lap ke sofa kulit Anda dan keringkan kembali. 
  • Kemudian ambil kondisioner favorit Anda, teteskan sedikit ke kain bersih. Lap sofa kulit Anda dengan kain yang sudah diberi kondisioner. Setelah itu diamkan selama satu jam sebelum digunakan kembali.

Baca Juga: Hoarding Disorder: Kenali Ciri dan Penyebabnya Ini, Termasuk Suka Menimbun Barang

Demikian cara membersihkan sofa kulit. Hindari menggunakan produk yang memiliki bahan kimia berbahay seperti alkohol atau pembersih sepatu kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News