HOME, Bugar

Punya Rambut Berponi? Lakukan Cara Ini Agar Terhindar dari Jerawat di Dahi

Punya Rambut Berponi? Lakukan Cara Ini Agar Terhindar dari Jerawat di Dahi

MOMSMONEY.ID - Gaya rambut berponi cukup rentan mengalami jerawat di dahi. Dahi merupakan bagian dari T-zone yang cenderung lebih berminyak dibandingkan dengan bagian lain pada wajah. 

Jerawat biasanya muncul saat poni yang menutup kulit memerangkap minyak berlebih sehingga menyumbat pori-pori. Hal ini diperparah dengan kondisi rambut yang kotor karena menggunakan produk styling atau terlalu sering dipegang. 

Oleh karena itu, Anda perlu menghindari jerawat di dahi akibat rambut berponi dengan beberapa cara di bawah ini. Melansir dari natur-e.co.id, berikut caranya yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Membiarkan Kulit Bernafas

Cara terhindar dari jerawat di dahi akibat rambut poni pertama adalah membiarkan kulit bernafas. Daripada menghilangkan poni yang mempermanis wajah untuk selamanya, mulailah dengan menata poni ke samping dan jauhkan dari kulit sesering mungkin.

Ingatlah untuk menjepit poni sebelum tidur dan jaga agar tidak menempel ke kulit di sekitar dahi saat kulit dalam kondisi berminyak dan berkeringat, seperti sedang berolahraga.

2. Lakukan Perawatan Rutin  Kulit

Cara terhindar dari jerawat di dahi akibat rambut berponi selanjutnya yaitu lakukan perawatan rutin kulit. Hal ini termasuk melibatkan double cleansing dan eksfoliasi yang penting untuk membersihkan residu atau kotoran yang menempel di kulit. 

Setelah membersihkan kulit wajah, jangan lupa untuk mengoleskan pelembab atau sunscreen. Selain menjaga kulit tetap lembap dan halus, kandungan tabir surya di dalamnya juga melindungi kulit dari sinar matahari.

Baca Juga: Terapkan 5 Cara Ini Agar Kulit Terhidrasi Selama di Kantor

3. Berhati-Hati Mengaplikasikan Produk Rambut

Berikutnya, berhati-hati mengaplikasikan produk rambut karena produk styling rambut cenderung meninggalkan residu khususnya di dahi. Seringkali bahan-bahan yang digunakan untuk menata rambut dianggap sebagai comedogenic atau mudah menyumbat pori kulit.

Untungnya, hal ini mudah dihindari. Ketimbang menyemprotkan produk langsung ke rambut, semprotkan pada sisir dan gunakan untuk menata poni. Cara ini bisa diapaki untuk meminimalkan bahan kimia menyentuh kulit.

4. Hindari Terlalu Sering Menyentuh Rambut

Cari terhindar dari jerawat di dahi akibat rambut berponi lainnya adalah hindari terlalu sering menyentuh rambut. Hal ini menata rambut membuat kotoran dan bakteri mudah berpindah dari tangan ke dahi.

Oleh karena itu, hindari melakukannya terlalu sering dan selalu menjaga kebersihan poni rambut. Kemudian, tidak ada salahnya untuk selalu membawa blotting paper untuk menyerap minyak terutama saat cuaca sedang panas-panasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News