HOME, Keluarga

Punya Meja Dapur dari Granit? Simak Tips Merawatnya Supaya Tetap Cantik

Punya Meja Dapur dari Granit? Simak Tips Merawatnya Supaya Tetap Cantik

MOMSMONEY.ID - Meja dapur umumnya terbuat dari berbagai jenis bahan. Ada meja dapur yang terbuat dari kayu, keramik, stainless steel, marmer, hingga granit.

Setiap bahan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga dapat menghasilkan kesan yang berbeda pula. Misalnya, meja dapur berbahan kayu akan terlihat minimalis, sedangkan meja dapur berbahan stainless steel dapat menghadirkan kesan industrial.

Nah, jika Anda ingin suasana dapur yang terlihat mewah dan elegan, coba gunakan meja dapur berbahan granit. Material yang satu ini terbuat dari batu alam dan terkenal dengan coraknya yang khas, sehingga dapat meningkatkan nilai estetika dapur Anda.

Baca Juga: 6 Trik Membuat Ruangan yang Kedap Suara di Rumah

Supaya senantiasa terlihat cantik, meja dapur berbahan granit perlu dirawat dengan baik dan telaten. Yuk, simak tips berikut untuk mengetahui cara merawat meja dapur granit dengan mudah!

Bersihkan noda dengan segera

Karena termasuk batu alami, granit memiliki pori-pori yang membuatnya mudah menyerap cairan. Jadi, sebaiknya bersihkan noda atau tumpahan cairan di atas permukaan meja granit dengan segera.

Dikutip dari The Spruce, Anda cukup membersihkan meja dapur berbahan granit dengan kain bersih berbahan microfiber, baik dalam keadaan kering maupun dibasahi sedikit air.

Gunakan alas sebelum meletakkan benda panas

Walaupun terkenal karena sifatnya yang kuat dan keras, meja dapur berbahan granit tetap tidak boleh diperlakukan sembarangan karena dapat mengalami thermal shock atau perubahan suhu yang ekstrim, misalnya saat ada benda panas seperti wajan atau panci yang diletakkan di atasnya.

Melansir laman Countertop Specialty, thermal shock pada meja dapur granit dapat menyebabkan permukaan meja mengalami keretakan. Untuk mencegahnya, selalu alasi panci dan wajan panas dengan alas khusus sebelum meletakkannya di atas meja.

Baca Juga: 4 Hal yang Sebaiknya Ada di Dapur Kecil, Bikin Lebih Optimal

Jangan banting panci dan wajan di atas meja

Selain dapat merusak permukaan meja dapur granit karena suhunya yang panas, bobot panci dan wajan yang berat juga dapat meretakkan dan memecahkan permukaan meja dapur berbahan granit.

Oleh karena itu, hindari membanting benda-benda berat seperti panci dan wajan di atas meja dapur. Alasi panci dan wajan, lalu letakkan secara hati-hati supaya tidak membuat permukaan meja retak.

Baca Juga: Tinggal di Rumah Kecil? Hal-Hal Ini Wajib Ada, Yuk Simak!

Jangan berdiri atau duduk di atas meja

Mungkin Anda atau anak Anda kerap berdiri atau duduk di atas meja dapur untuk meraih sesuatu di meja atau kabinet di atasnya. Walaupun praktis, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan ini jika menggunakan meja dapur berbahan granit.

Dilansir dari Aurora Marble Canada, bobot tubuh saat Anda berdiri atau duduk di atas meja dapat membebani permukaan meja granit, sehingga rentan mengalami keretakan dan pecah.

Jangan gunakan pembersih yang keras

Terakhir, perhatikan jenis produk pembersih seperti apa yang Anda gunakan untuk membersihkan permukaan meja dapur granit.

Pada dasarnya, Anda perlu menghindari produk pembersih dengan kandungan kimia yang keras, seperti pemutih pakaian atau amonia. Selain itu, hindari menggunakan bahan dapur yang asam seperti cuka dan lemon untuk membersihkan meja granit karena dapat mengikis permukaan meja.

Itulah beberapa cara mudah untuk merawat meja dapur berbahan granit. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News