Bugar

Punya Masalah dengan Rambut Rontok & Ketombe? Ikuti 5 Cara Mengatasinya Secara Alami

Punya Masalah dengan Rambut Rontok & Ketombe? Ikuti 5 Cara Mengatasinya Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Punya masalah dengan rambut rontok dan ketombe? Masalah rambut ini cukup sering dialami oleh banyak orang. Rambut rontok dan ketombe sangat menggangu aktivitas sehari-hari.

Namun anda tidak perlu khawatir, masih ada beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe secara alami. Simak penjelasannyadi bawah ini dilansir dari thebodyshop.co.id, yaitu:

1. Gunakan sampo sesuai kebutuhan rambut

Cara mengatasi rambut rontok dan ketombe pertama yaitu menggunakan sampo sesuai kebutuhan rambut Anda. Pilihlah sampo yang dapat mengatasi masalah ketombe dan menutrisi kesehatan rambut. Anda bisa menggunakan produk sampo yang berasal dari bahan alami. Selain ketombe hilang, masalah rambut rontok juga bisa diatasi. 

2. Gunakan masker rambut 

Cara mengatasi rambut rontok dan ketombe selanjutnya adalah menggunakan masker rambut. Lakukan perawatan rambut dengan masker rambut di rumah selama dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal. Pilihlah masker rambut yang sesuai dengan masalah rambut Anda yang telah banyak tersedia di pasaran. 

Ketombe

Baca Juga: Mau Kulit Cerah Pagi Hari? 5 Kebiasaan yang Harus Dilakukan Sebelum Tidur

3. Rutin menyisir rambut

Rutin menyisir rambut juga dapat mengatasi rambut rontok dan ketombe. Menyisir rambut memiliki manfaat untuk membersihkan kulit kepala dari sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan ketombe dan membuat rambut tidak kusut.

Sisir rambut sebelum mencuci rambut, agar semua sel kulit mati dapat terangkat saat keramas. Gunakan sisir rambut yang memiliki ujung pin bulat yang memijat lembut kulit kepala. Rambut pun dapat bebas ketombe dan tidak akan mengalami kerontokan lagi.

4. Minum air putih dan makan sayur

Berikutnya, cara mengatasi rambut rontok dan ketombe adalah minum air putih dan makan sayuran. Perlunya melakukan perawatan rambut dari dalam melalui makanan dan minuman sehat.

Disarankan mengonsumsi sayuran berwarna hijau tua yang dapat menutrisi rambut, sehingga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe dan mengatasi kerontokan secara alami. Konsumsilah minimal 2 liter air perhari untuk memastikan kulit kepala dan rambut tetap sehat.

5. Lakukan Kebiasaan Sehat

Cara mengatasi rambut rontok dan ketombe lainnya yaitu melakukan kebiasaan sehat. Stres menjadi penyebab rambut rontok dan ketombe, sebaiknya mulai atur pikiran dan emosi Anda. Kemudian, istirahat yang cukup minimal delapan jam/hari. Hindari begadang yang tidak penting.

Selain itu, jangan terlalu sering mengeringkan rambut menggunakan hair dryer untuk menghindari kulit kepala terkena suhu terlalu panas. Sebaiknya, biarkan saja rambut kering secara alami.

Selanjutnya, Anda harus menghindari penggunaan produk penataan rambut terlalu sering agar tidak membuat kulit kepala menjadi kering, iritasi, dan gatal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News