HOME, Keluarga

Punya Kemampuan yang Sama, Kaktus dan Sukulen Ternyata Berbeda

Punya Kemampuan yang Sama, Kaktus dan Sukulen Ternyata Berbeda

MOMSMONEY.ID - Sering disebut serupa tapi tak sama, kaktus dan sukulen banyak dijadikan tanaman hias dalam pot-pot kecil baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Keduanya memiliki bentuk daun yang tebal dan juga sama-sama toleran terhadap wilayah yang kering. Mereka memang memiliki budaya kehidupan yang sama, tetapi keduanya berbeda.

Dilansir dari Gardening Know How, itu karena kaktus adalah sukulen, tetapi sukulen tidak selalu kaktus. Alasannya, sukulen adalah penyebutan bagi tanaman yang dapat menyimpan kelembapan di dalam tubuhnya, seperti kaktus.

Baca Juga: 6 Jenis Kaktus yang Cocok Diletakkan Dalam Ruangan

Lebih lengkapnya, Anda dapat menyimak 4 perbedaan tanaman kaktus dan sukulen agar tak salah memahami kedua tanaman ini.

Kondisi Kulit Daun dan Tanaman

Saat Anda melihat secara visual, Anda akan menemukan perbedaan paling signifikan. Ya, itu adalah keberadaan duri-duri kaktus. Kaktus umumnya memiliki areoles di seluruh tubuhnya, yakni semacam fitur diagnostik penting kaktus dan mengidentifikasi mereka sebagai keluarga yang berbeda dari tanaman sukulen lainnya. Bentuknya bulat kecil, berwarna terang, dikelilingi trikoma, dan terkadang ada glochids yang merupakan duri halus.

Sementara itu, sukulen tidak menghasilkan areoles, sehingga tidak dapat disebut kaktus. Sukulen lebih banyak menghasilkan daun-daun yang menebal, tetapi kaktus tidak memiliki daun seperti sukulen. Daun-daun pada sukulen juga lebih halus karena tak punya areoles. Ujungnya juga meruncing. Di dalam daun sukulen, mengandung zat agar-agar di dalamnya. Zat inilah yang memberi tanaman ini ketahanan tanpa curah hujan.

Habitat Asli

Pada habitat aslinya, sukulen dapat muncul di banyak tempat di dunia. Sementara kaktus, hanya terbatas pada belahan bumi barat, terutama Amerika Utara dan Selatan. Selain itu, beberapa kaktus juga dapat tumbuh di hutan hujan, pegunungan dan gurun saja. Namun, sukulen dapat ditemukan di hampir semua habitat.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Merawat Tanaman Hias Merambat

Kebutuhan Sinar Matahari

Baik tanaman kaktus maupun sukulen, keduanya dapat bertahan dalam kondisi kekeringan karena kemampuannya yang dapat menyimpan air. Akan tetapi, untuk masalah kebutuhan sinar matahari, keduanya berbeda.

Kaktus membutuhkan sinar matahari sekitar 4-6 jam per hari, sedangkan sukulen umumnya harus dijauhkan dari sinar matahari langsung. Sebab, sukulen seluruhnya adalah daun. Bila terlalu lama terpapar sinar matahari langsung, ini dapat menyebabkan luka bakar pada daun-daunnya.

Perawatan

Kaktus dan sukulen tetap membutuhkan penyiraman berkala untuk menghindari kekeringan, tetapi mereka tidak membutuhkan banyak air untuk hidup. Kelebihan air akan merusak keduanya.

Cara menyirami sukulen adalah dengan melihat kondisi tanahnya. Jika tanah atau media tanamnya benar-benar kering, Anda baru bisa memberikan penyiraman. Beberapa sukulen juga tidak tahan dengan suhu dingin yang ekstrem.

Kaktus juga tidak membutuhkan perawatan penyiraman berkala, tetapi selama periode aktif (berbunga dan berbuah), kaktus harus disiram secara menyeluruh dan kemudian biarkan tanah mengering sebelum penyiraman berikutnya. Beberapa kaktus seperti prickly pear dapat bertahan dalam suhu dingin, tetapi dalam suhu dingin ini Anda harus menahan penyiraman.

Selanjutnya: Kekurangan Sinar Matahari Akan Menyebabkan Tanaman Tumbuh Tidak Normal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News