Keluarga

Punya Bau yang Khas, Ini 4 Cara Hilangkan Bau Lumpur Pada Ikan Air Tawar

Punya Bau yang Khas, Ini 4 Cara Hilangkan Bau Lumpur Pada Ikan Air Tawar

MOMSMONEY.ID - Ikan air tawar yang Moms beli berbau lumpur? Bingung cara mengatasinya? Tenang, Momsmoney punya cara hilangkan bau lumpur pada ikan air tawar.

Ikan air tawar, seperti lele hingga nila, cenderung punya bau yang khas. Bau ini bukanlah bau amis, melainkan bau lumpur atau bau tanah.

Moms mungkin berpikir bau lumpur pada ikan air tawar berasal dari ikan itu sendiri yang memang hidup di area berlumpur, namun ini salah. Sebetulnya, bau lumpur pada ikan berasal dari geosmin, yakni senyawa kimia yang dihasilkan bakteri actinomyus dan alga hijau.

Untuk dapat hilangkan bau lumpur pada ikan air tawar, simak artikel berikut ini yang dilansir dari Sahabat Nestle, selengkapnya!

Baca Juga: 3 Tips Membuat Kulit Ikan Jadi Lebih Renyah saat Digoreng Tanpa Bikin Gosong

Rempah-rempah

Cara hilangkan bau lumpur pada ikan air tawar adalah dengan memberi rempah-rempah aromatik ke seluruh permukaan hingga bagian jeroan ikan.

Pertama-tama, tentu bersihkan ikan terlebih dahulu. Selanjutnya, sayat-sayat tubuh ikan dan oleskan bumbu rempah yang sudah dihaluskan ke seluruh bagian ikan hingga merata. Diamkan selama 30 menit sebelum menggorengnya.

Rempah-rempah aromatik yang bisa jadi penghilang bau lumpur pada ikan adalah seperti serai, jahe, daun jeruk, bawang putih, kunyit, hingga garam. Tak lupa haluskan seluruhnya hingga menjadi bumbu halus.

Baca Juga: 5 Jenis Potongan Terenak Pada Daging Sapi, Sudah Pernah Coba?

Buttermilk

Ikan Mentah Seafood

Buttermilk dapat jadi salah satu cara hilangkan bau lumpur pada ikan air tawar yang cukup efektif.

Bau lumpur pada ikan bisa dihilangkan dengan membersihkan sisik serta melakukan perendaman ke dalam buttermilk. Diamkan ikan yang sedang direndam buttermilk ini selama 1 jam di dalam lemari pendingin.

Ikan yang direndam dalam buttermilk tak hanya sekadar menghilangkan bau lumpur saja, tapi juga dapat menambah rasa gurih sehingga ikan lebih nikmat dikonsumsi.

Baca Juga: Rekomendasi Aneka Bumbu BBQ yang Enak untuk Pesta Barbekyu

Garam

Cara hilangkan bau lumpur pada ikan bisa dilakukan dengan membubuhkan garam ke seluruh tubuh ikan. Garam tak hanya memberi rasa pada ikan, tapi juga dapat mengikat bebauan, termasuk bau lumpur pada ikan.

Tak hanya permukaannya saja, bubuhkan juga garam ke bagian dalam perut ikan dan diamkan hingga meresap. Alangkah lebih baik ikan yang telah dilumuri garam didiamkan seharian. Setelah itu barulah cuci ikan pada air mengalir.

Rasio garam dan ikan yang digunakan adalah 1 sdt : 1 kg untuk dapat atasi bau lumpur pada ikan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau pada Daging Kambing Saat Memasak

Cuka

Setelah melakukan pembersihan sisik dan jeroan, mulailah lumuri cuka ke seluruh permukaan ikan.

Cuka ini jadi salah satu cara hilangkan bau lumpur pada ikan. Ini karena cuka adalah antibakteri alami sekaligus dapat mengikat bau ikan yang aman bagi tubuh.

Caranya, tuangkan 1 sdm cuka dan campurkan dengan sedikit air. Tuangkan cuka tadi ke seluruh permukaan ikan. Diamkan selama 30 menit lalu cuci dalam air mengalir hingga bau menghilang.

Itulah beberapa cara hilangkan bau lumpur pada ikan air tawar. Kini moms tak lagi khawatir karena ikan yang dimasak sudah tak berbau lumpur lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News