Bugar

Punya Banyak Bintik Kecoklatan di Kulit? Bisa Jadi Ini Gejala Lentigo

Punya Banyak Bintik Kecoklatan di Kulit? Bisa Jadi Ini Gejala Lentigo

MOMSMONEY.ID - Lentigo adalah bintik hitam atau cokelat yang muncul di permukaan kulit. Lentigo biasanya muncul di area yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, lengan, dan leher.

Selain karena paparan sinar matahari, lentigo juga dapat muncul akibat kelainan bawaan, seperti sindrom Peutz-Jeghers.

Meski demikian, lentigo lebih berisiko terjadi pada orang-orang pemilik kulit putih, dan anak yang memiliki kondisi lahir bawaan yang disebut sindrom lentigonosis.

Baca Juga: Viral! Ibu Hamil Mengonsumsi Obat Pemutih, Kenali Bahayanya untuk Janin

Gejala lentigo yang paling utama adalah munculnya bintik berwarna coklat atau hitam pada permukaan kulit. Beberapa bercak bisa jadi memiliki tepi membulat, tetapi bisa juga tidak rata.

Gejala lainnya adalah terjadi perubahan warna pada bercak, tetapi tidak ada rasa tidak nyaman atau gatal ketika bintik muncul. 

Dilansir dari Healthline, segera lakukan pengobatan apabila Anda mengalami gejala di atas yang disertai dengan tanda berikut:

1. Terdapat pertumbuhan kulit yang baru

2. Terjadi perubahan pada bintik yang mirip dengan tahi lalat

3. Bentuk bercak menjadi tidak teratur

4. Mengalami gatal, ruam, atau bahkan berdarah

5. Kombinasi warna yang terasa janggal

Baca Juga: Wajib Dikonsumsi! 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Lentigo biasanya tidak berbahaya dan tidak membutuhkan penanganan medis. Namun, disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter jika muncul perubahan pada bintik-bintik yang dapat menandakan kanker kulit melanoma, seperti:

1. Warnanya makin gelap

2. Bentuknya menjadi tidak beraturan

3. Kombinasi warnanya tidak biasa

4. Ukurannya membesar dengan cepat

5. Muncul ruam, gatal atau berdarah

Anda bisa melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan penanganan di rumah sakit terdekat. Lentigo yang dibiarkan tidak terobati tidak menimbulkan komplikasi.

Namun, pada sebagian penderita, kondisi ini dapat menurunkan rasa percaya diri. Sementara pada lentigo yang disebabkan oleh kelainan bawaan, kondisi ini dapat berkembang seiring dengan tingkat keparahan kelainan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News