Santai

Puncak Arus Balik, Jumlah Penumpang Pesawat di 20 Bandara AP II Capai 309.477 Orang

Puncak Arus Balik, Jumlah Penumpang Pesawat di 20 Bandara AP II Capai 309.477 Orang

MOMSMONEY.ID - Pergerakan penumpang pesawat saat puncak arus balik, Senin (15/4), di bandara-bandara PT Angkasa Pura II mencapai 309.477 orang.

Jumlah tersebut naik cukup 24% dibandingkan dengan H+4 tahun lalu yang sebanyak 249.090 orang. Sementara, pergerakan pesawat mencapai 2.010 penerbangan, naik 11% dari sebelumnya 1.808 penerbangan.

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, jumlah penumpang pada puncak arus balik sebanyak 186.774 orang dengan pergerakan pesawat 1.153 penerbangan.

VP of Corporate Communication AP II Cin Asmoro mengatakan operasional dan pelayanan pada puncak arus balik berjalan lancar.

“Titik penting pada aspek operasional dan pelayanan dapat dijaga dengan baik, sehingga alur keberangkatan dan kedatangan penumpang pada puncak arus balik berjalan lancar,” ujar Cin Asmoro dalam keterangan tertulis, Selasa (16/4).

Baca Juga: Simak Sederet Makanan Penurun Darah Tinggi dengan Cepat, Cek yuk

Cin pun mengatakan kelancaran ini pun atas dukungan dan kolaborasi berbagai stakeholer, salah satunya melalui penambahan personel pelayanan pada puncak arus balik.

Dia menyebut, maskapai dan ground handling melakukan penambahan personel untuk pelayanan bagasi yang menjadi titik paling penting pada arus balik, sehingga proses penanganan bagasi berjalan baik dan lancar mulai dari penurunan bagasi dari pesawat. Lalu ada penanganan bagasi di make up area, hingga bagasi siap diambil penumpang di baggage claim area di dalam terminal.

“Penambahan personel contohnya ada di Bandara Soekarno-Hatta, di mana operator ground handling menambah lebih dari 100 personel di Terminal 2,” jelas Cin.

Ketersediaan transportasi publik juga menjadi titik penting sehingga penumpang pesawat dapat dengan cepat menuju tempat tinggal masing-masing.

Peran maskapai pun signifikan dalam menjaga kelancaran pada puncak arus balik, di mana ketepatan waktu penerbangan (on time perfomance/OTP) di 20 bandara secara rata-rata berkisar 75% hingga 80%.

Adapun, AP II saat ini mengelola Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Kualanamu (Deli Serdang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Lalu, Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkalpinang), Silangit (Tapanuli Utara).

Kemudian, Kertajati (Majalengka), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangka Raya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), Husein Sastranegara (Bandung), serta Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News