HOME, Keluarga

Pulang Liburan Kulit Malah Terbakar? Atasi Saja dengan 5 Cara Alami Ini

Pulang Liburan Kulit Malah Terbakar? Atasi Saja dengan 5 Cara Alami Ini

MOMSMONEY.ID - Liburan menjadi salah satu opsi menyegarkan tubuh dan pikiran setelah terlalu lelah berkutat dengan pekerjaan. Dan, pantai serta gunung menjadi tempat yang sering dipilih sebagai destinasi liburan.

Dikarenakan keberadaannya yang outdoor, tempat-tempat bernuansa alam semacam itu bukan berarti tidak menyimpan risiko. Selain risiko keamanan, sengatan sinar matahari juga siap membakar kulit dalam sekejap jika kita abai.

Namun, Anda tidak perlu panik jika kulit sudah terlanjur terbakar matahari. Karena, Anda dapat meredakan peradangannya dengan 5 pengobatan alami sebagaimana dilansir dari BeBeautiful berikut ini.

Baca Juga: Hindari 5 Kebiasaan Ini bila Tak Ingin Mata Anda Terlihat Tua

1. Gunakan cuka apel

Cuka apel atau apple cider vinegar terdiri dari berbagai bahan yang dapat membantu mengurangi peradangan kulit. Jadi, pastikan Anda menyimpan persediaan cuka apel ketika hendak berlibur ke tempat-tempat panas.

Untuk mengatasi kulit yang tersengat matahari, Anda dapat merendam kain bersih ke dalam campuran cuka apel dan air kemudian usapkan pada area kulit yang terbakar. Anda juga bisa memasukkan campuran cuka apel dan air ke dalam botol semprot lalu semprotkan kapan pun ketika Anda membutuhkannya.

2. Buat es batu lidah buaya

Lidah buaya menjadi salah satu cara terbaik untuk mengobati peradangan kulit. Anda dapat menggandakan kekuatan menenangkan dari lidah buaya dengan cara membuat es batu dari gelnya.

Campurkan air dan gel lidah buaya lalu pindahkan campuran tersebut ke dalam cetakan es batu. Simpan campuran air dan gel lidah buaya ke dalam freezer selama beberapa saat. Setelah membeku, oleskan es batu lidah buaya ke atas luka bakar untuk menenangkan sekaligus mendinginkan kulit Anda.

3. Oleskan madu mentah

Salah satu dari kekuatan madu yang menakjubkan ialah kemampuannya sebagai antiseptik alami. Itulah sebabnya, madu dapat membantu menyembuhkan kulit kering, terbakar, hingga rusak.

Gosokkan madu mentah dengan lembut ke area kulit Anda yang terbakar. Kemudian, tutupi dengan menggunakan kain kasa. Dengan begini, kulit terbakar Anda pun akan merasa lega dalam beberapa menit.

4. Manfaatkan susu

Protein dan lemak dalam susu sangat bagus untuk meredakan sengatan matahari pada kulit. Hal ini dikarenakan kedua kandungan tersebut mampu menciptakan lapisan pelindung di atas kulit Anda.

Untuk menenangkan kulit Anda yang terbakar, oleskanlah susu murni di atasnya. Atau, Anda juga dapat menggunakan kain bersih yang dicelupkan ke cairan susu kemudian tekan-tekan secara lembut ke area kulit terbakar Anda.

5. Pakai teh hitam dingin

Teh mengandung tannic acid yang dapat membantu menjaga keseimbangan ph kulit Anda. Berkat kandungannya tersebut, teh menjadi cara yang bagus untuk menenangkan kulit yang teriritasi.

Tidak sulit, Anda hanya perlu menyeduh beberapa kantong teh hitam kemudian masukkan ke dalam kulkas hingga dingin. Setelah dingin, oleskan kantong teh hitam yang telah didinginkan pada area kulit yang terbakar sinar matahari.

Itulah 5 cara alami yang bisa Anda lakukan untuk meredakan kulit yang terbakar sinar matahari. Nah, untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari ketika berkegiatan outdoor, selalu ingat untuk menggunakan sunscreen dan skincare ber-SPF ya. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan topi dan kacamata hitam guna memberikan ekstra proteksi.

Selanjutnya: 4 Tanda Kulit Dehidrasi dan Cara Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News