HOME, Keluarga

Puasa Sunnah di Bulan Dzulhijah 1442H dan Keuatamaannya

Puasa Sunnah di Bulan Dzulhijah 1442H dan Keuatamaannya

MOMSMONEY.ID - Dalam agama Islam, selain ibadah wajib juga banyak ibadah sunnah ynag bisa dilakukan. Seperti halnya puasa, tidak hanya dilakukan di bulan Ramadan. Ada ibadah puasa yang bisa dilakukan apalagi di bulan Dzulhijjah. 

Ibadah puasa sunnah bisa dikerjakan untuk menambah pahala dari Allah SWT. Namun, ibadah puasa ini adalah ibadah yang jika dikerjakan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan tidak akan berdosa. 

Dilansir dari buku "Buku Pintar Puasa Wajib dan Sunnah" ditulis Nur Solikhin, dijelaskan bahwa puasa sunnah di awal bulan Dzulhijah (Tarwiyah dan Arafah) adalah puasa dalam rangka memperingati teladan Nabi Ibrahim As ketika beliau bermimpi menyembelih anaknya, Nabi Ismail As.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Indonesia tentang Pantai dan Laut

Berikut penjelasan puasa sunnah di bulan Dzulhijah 1442H dan keuatamaannya.

Puasa Tarwiyah merupakan puasa pada hari kedelapan Dzulhijjah atau sehari sebelum hari wukuf bagi orang-orang yang sedang beribadah haji. Keutamaan puasa tarwiyah diibaratkan seperti menghapuskan dosa kita selama satu tahun.

Baca Juga: Berat Badan Ideal Selama Pandemi

Sedangkan, puasa Arafah adalah puasa pada hari kesembilan pada bulan Dzulhijjah. Puasa ini bersamaan saat jamaah haji melakukan wukuf di Padang Arafah. Puasa ini sangat dianjurkan, kecuali untuk orang-orang yang sedang beribadah haji.

Secara syariat pelaksanaan puasa, seperti puasa pada umunya. Cuma yang membedakan hanya waktu pelaksanaan dan niatnya. Semoga Allah selalu memberi kita jalan untuk selalu melakukan kebaikan.

Selanjutnya: Sentuhan Fisik Bisa Meredakan Stres? Simak Faktanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News