HOME, Keluarga

PPKM Pulau Jawa dan Bali Diperpanjang Hingga 16 Agustus 2021

PPKM Pulau Jawa dan Bali Diperpanjang Hingga 16 Agustus 2021

MOMSMONEY.ID - Moms, upaya menekan penyebaran virus corona di Indonesia terus berlanjut. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4,3,2 di Pulau Jawa dan Bali sampai 16 Agustus 2021 nanti.

Dalam keterangan pers, Senin (9/8) malam, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan mengatakan, perpanjangan PPKM level 4 yang selama ini dilakukan, telah menunjukkan hasil yang menggembirakan. 

Dari catatan Pemerintah, penurunan kasus Covid-19 mencapai 59,6% dari puncak kasus pada 15 Juli 2021 lalu.

"Momentum ini harus terus dijaga. Maka itu, Presiden Jokowi memutuskan PPKM level 4, 3, 2 di Jawa Bali dilanjutkan sampai 16 Agustus 20021," kata Luhut.

Nah, pada kesempatan yang sama, Luhut menyampaikan, selama perpanjangan PPKM ini akan dilaksanakan uji coba pembukaan mal di daerah level 4. Uji coba pembukaan pusat perbelanjaan dilakukan seminggu ke depan di wilayah Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Pengunjung yang masuk mal dibatasi, maksimal 25% dari kapasitas. Selain itu, pengunjung mal terbatas cuma mereka yang sudah vaksin saja. 

"Hanya mereka yang sudah divaksin yang bisa masuk ke mal. Anak di bawah 12 tahun dilarang masuk mal," kata Luhut.

Baca Juga: Begini cara mencetak sertifikat vaksin Covid-19 di Pedulilindungi

Selain di Jawa Bali, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 di luar Jawa Bali hingga 23 Agustus.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan daerah di luar Jawa Bali yang masuk level 4 ada sebanyak 45 kabupaten/kota. 

"Sementara, daerah yang masuk level 3 sebanyak 302 kabupaten/kota," kata Airlangga dalam kesempatan yang sama.

Luhut menambahkan evaluasi PPKM  dibedakan antara di Jawa Bali dengan di luar Jawa Bali. Untuk Jawa Bali, evaluasi dilakukan seminggu sekali. Sedangkan PPKM di luar Jawa Bali akan dilakukan dua minggu sekali.

Luhut mengakui, tantangan penanganan Covid-19 di luar Jawa Bali lebih besar. Salah satunya, ia mencontohkan, adalah dukungan infrastruktur kesehatan.

Berita ini telah ditulis di KONTAN dengan judul Jokowi Memperpanjang PPKM Level 4 di Jawa Bali sampai 16 Agustus

https://nasional.kontan.co.id/news/jokowi-memperpanjang-ppkm-level-4-di-jawa-bali-sampai-16-agustus

Selanjutnya: IHSG Lunglai pada Penutupan Perdagangan Senin (9/8), Cermati Pergerakan Saham BUKA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News