HOME, Bugar

PPKM Diperpanjang! Ini Cara Merawat Kuku Kaki di Rumah

PPKM Diperpanjang! Ini Cara Merawat Kuku Kaki di Rumah

MOMSMONEY.ID - Saat PPKM diperpanjang, Anda masih bisa merawat tubuh khususnya kuku kaki dari rumah. Merawat kuku kaki itu penting, sebab kuku kaki rentan terkena infeksi jamur terutama jika Anda sering menggunakan kaos kaki ketika beraktivitas.

Selain itu, cuaca yang tidak menentu kadang panas, kadang dingin membuat kelembapan kulit kaki Anda hilang dan rentan pecah-pecah. Dengan begitu, tentu membuat Anda merasa tidak nyaman saat beraktivitas.

Oleh karena itu, Momsmoney akan menjelaskan cara merawat kuku kaki di rumah selama PPKM ini :

1. Mencuci kaki hingga bersih

Kebersihan kaki adalah hal dasar yang harus anda jaga. Mencuci kuku berfungsi untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada kaki. Gunakan sabun dan sikat yang gentle untuk membersihkan kuku dan sela-sela kaki.

Selain itu, bersihkan kuku dari cat kuku yang menempel. Pastikan Anda menghapus cat kuku sebersih mungkin dan jangan sampai ada yang tersisa, ya.

2. Memotong kuku kaki yang terlalu panjang

Sebaiknya gunting kuku kaki Anda agar kuku tidak cepat kotor dan selalu bersih. Karena kuku yang dibiarkan panjang lebih mudah kotor dan bisa menyebabkan cantengan. Selain itu, kuku panjang juga lebih mudah patah.

Untuk menghindari hal tersebut mulailah rajin menggunting kuku setidaknya seminggu sekali agar kesehatan dan keindahan kuku anda terjaga.

Selanjutnya, memotong kuku dalam keadaan kering agar kuku bisa dipotong dengan rapi. Memotong kuku dalam keadaan basah akan menyebabkan kuku mudah rapuh.

Baca Juga: Moms, Ini Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Secara Alami

3. Gunakan gunting kuku yang sesuai

Disarankan Anda memiliki dua gunting kuku yang berbeda untuk kuku tangan dan kuku kaki. Hal tersebut dilakukan agar menghindari jamur yang berpindah dan kuku kaki biasanya lebih tebal sehingga kamu butuh gunting kuku yang lebih besar.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan gunting kuku setelah dipakai ya, moms! 

4. Merendam kaki

Saat merendam kaki gunakanlah air hangat agar kaki Anda menjadi rileks, lalu tambahkan garam ke dalam air. Selain mengangkat kotoran lebih mudah, garam juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel. Diamkan selama kurang lebih 8-10 menit.

Tahap ini penting untuk melembabkan dan melembutkan kulit kaki Anda, moms.

5. Peeling

Setelah kaki direndam, langkah selanjutnya yaitu peeling atau pengelupasan. Peeling memiliki manfaat untuk anda yang mengalami kaki pecah-pecah dan mengelupas. Anda bisa menggunakan scrub atau batu apung, lalu peeling dengan gerakan melingkar.

Mulailah dari area tumit dan secara bertahap ke bagian punggung kaki, telapak kaki dan jari-jari kaki.  Selesai menggosok, rendam kembali kaki ke dalam air hangat.

Anda bisa menambahkan baking soda ke dalam air rendaman kaki tersebut, sambil memijat pelan. Rendam selama kurang lebih 4-5 menit.

6. Jangan terlalu sering menggunakan nail polish remover 

Bagi anda pecinta cat kuku sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan nail polish remover seperti aseton.Penggunaan aseton yang terlalu sering bisa membuat kuku, kutikula, serta kulit di sekitar kuku menjadi kering.

Aseton juga membuat kuku menjadi lebih rapuh, untuk itu Anda perlu batasi penggunaan aseton pada kuku agar kuku lebih sehat, moms. 

7. Oleskan pelembab pada kaki

Yang terakhir, oleskan pelembab pada kaki menggunakan minyak zaitun secara merata. Minyak zaitun dapat melembabkan dan melembutkan kulit kaki lalu diamkan beberapa menit.

Moms, merawat kuku kaki tetap bisa anda lakukan ko selama di rumah. Selain menjaga kesehatan, kuku kaki anda akan terlihat cantik. Selamat mencoba!

Selanjutnya: 5 Rekomendasi Shampo Organik Solusi Dari Masalah Rambut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News