HOME, Bugar

PPKM Darurat Berlaku, Simak Tip agar Terhindar dari Coronasomnia

PPKM Darurat Berlaku, Simak Tip agar Terhindar dari Coronasomnia

MOMSMONEY.ID - Pemberlakuan PPKM Darurat Jawa-Bali akan mengurangi mobilitas masyarakat terutama di ruang publik. Namun, kalau tak dibarengi dengan penegakan hukum yang kuat di lapangan, peningkatan mobilitas warga malah bisa berpindah di lingkungan tempat tinggal. Apalagi rekam jejak masyarakat selama ini, ada saja yang ngeyel dalam mematuhi kebijakan pemerintah.

Risiko mobilitas yang lebih ramai di sekitar kita, dapat memicu kekhawatiran. Apalagi bagi Moms yang memiliki buah hati usia balita. Jika dihantui rasa takut berlebih akan terpaparnya keluarga tercinta, maka seseorang bisa sampai kesulitan tidur nyenyak. Dilansir dari Kompas.com, kondisi ini disebut sebagai coronasomnia alias gangguan tidur yang disebabkan pandemi corona.

Coronasomnia juga bisa timbul akibat rentetan pemberitaan buruk seputar Covid-19 yang Moms peroleh, dan ketidakpastian akhir dari pandemi. Bagi yang mengalami coronasomnia, efeknya dapat mengganggu produktivitas selama work from home (WFH), risiko hipertensi hingga depresi.

Nah, bagaimana caranya agar Moms terhindar dari coronasomnia? Simak tip berikut ini.

1.    Atur jadwal rutinitas harian

Selama PPKM Darurat tentu Moms akan menjadikan rumah sebagai kantor dadakan. Oleh karena itu, selama WFH  atur jadwal rutinitas harian termasuk membagi waktu dalam bekerja dan mengurus rumah.

2.    Hindari informasi toxic

Bukan rahasia umum kalau sekarang hoax dan informasi yang tidak tepat kerap berseliweran di  media sosial. Moms perlu memilah informasi dengan mengikuti situs berita yang valid dan terpercaya.

Namun perlu diingat, yang paling penting jangan mencari informasi ketika malam ya, Moms. Karena nantinya otak akan terus merekam informasi tersebut yang membuat coronasomnia terjadi.

Baca Juga: Tonton SnackVideo, Usir Jenuh Sekaligus Bisa Dapat Duit
3.    Olahraga

Kegaiatan ini penting sekali dilakukan selama PPKM Darurat untuk menjaga tubuh tetap bugar dan pikiran positif terjaga. Moms bisa melakukannya bersama anak dan suami tercintanya. Tidak perlu lama-lama, cukup 30 menit.

4.    Berjemur

Setelah berolahraga, jangan buru-buru menyeka keringat. Moms dan keluarga bisa berjemur. Kegiatan ini dapat membantu tubuh menjaga ritme sikardian, sehingga menghasilkan melatonin di malam hari. Melatonin adalah hormon alami tubuh yang berperan penting  menjaga siklus tidur-bangun setiap hari.

5.    Jangan makan terlalu larut

Selama PPKM banyak yang mengeluh beban kerja semakin berat, hal ini kadang membuat waktu makan menjadi tidak teratur. Perlu diingat, jangan makan di atas jam 7 malam ya, karena waktu tubuh untuk mencerna makanan jadi terganggu. Seharusnya pada saat tidur semua metabolisme termasuk pencernaan beristirahat.

Dengan mengikuti tip tersebut, semoga Moms bisa terhindar dari coronasomnia ya. Selama PPKM Darurat juga jangan kendor untuk menerapkan protokol kesehatan dan membatasi kunjungan ke rumah.

Selanjutnya: Tai Chi Bisa Memperkuat Imun Tubuh, Cukup 30 Menit Sehari!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News