HOME, Bugar

Positif Covid-19 Saat Divaksin tapi Tidak Menyadarinya, Apakah Berbahaya?

Positif Covid-19 Saat Divaksin tapi Tidak Menyadarinya, Apakah Berbahaya?

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Program satu juta vaksinasi Covid-19 per hari menjadi prioritas pemerintah saat ini. Program ini dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. 

Perlu diketahui bahwa tidak semua masyarakat bisa mendapatkan vaksin Covid-19. Salah satunya adalah mereka yang sedang mengalami Covid-19.  

Pemberian vaksin Covid-19 bagi mereka para penyintas baru diberikan tiga bulan setelah sembuh. 

Apabila setelah dosis pertama sasaran terinfeksi Covid-19 maka dosis pertama vaksinasi tidak perlu diulang tetap diberikan dosis kedua dengan interval yang sama yaitu 3 bulan sejak dinyatakan sembuh.

Baca Juga: Delta Plus, Varian Covid-19 yang Bikin Dedegan, Benarkah Lebih Mudah Menular?

Namun, bagaimana dengan seseorang yang tidak tahu dirinya terkonfirmasi positif Covid-19, tetapi terlanjur divaksinasi? Apakah berbahaya?

Melalui situs resminya, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Indonesia mengatakan jika seseorang tidak mengetahui dirinya positif Covid-19 dan tidak ada gejala klinik yang dicurigai atau dalam kondisi sehat lalu diberikan vaksin Covid-19, secara medis tidak ada efek samping yang akan ditimbulkan. 

Hanya saja ada reaksi yang mungkin terjadi setelah divaksin Covid-19. Reaksi ini hampir sama dengan vaksin yang lain. Di antaranya reaksi lokal, seperti nyeri, kemerahan, bengkak pada tempat suntikan dan reaksi lokal lain yang berat, misalnya selulitis. 

Baca Juga: Ini Senjata Utama Cegah Penularan Saat Kasus Anak Positif Covid-19 Meningkat

Atau mungkin reaksi sistemik seperti demam, nyeri otot seluruh tubuh (myalgia), nyeri sendi (atralgia), badan lemah, mual dan sakit kepala. 
Semua reaksi itu sifatnya sementara, dan dan tidak selalu ada, serta bergantung pada kondisi tubuh. Semua reaksi itu juga wajar namun tetap perlu diawasi. 

Apabila mengalami reaksi atau gejala atau keluhan setelah divaksinasi, dimohon untuk tetap tenang. Kemudian, Segera lapor kepada petugas kesehatan yang ada di fasilitas pelayanan kesehatan yang memberikan layanan vaksinasi atau ke puskesmas terdekat. Ikuti petunjuk yang telah diberikan oleh petugas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tidak Tahu Positif Covid-19 Saat Divaksin, Adakah Dampaknya?
Penulis : Wahyuni Sahara
Editor : Bayu Galih

Selanjutnya: Kemenkes: Vaksinasi Covid-19 mencapai 1,3 juta per hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News