HOME, Santai

Pori-Pori Membesar? Yuk, Ketahui Penyebabnya

Pori-Pori Membesar? Yuk, Ketahui Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Pori-pori adalah ruang pada kulit yang berfungsi untuk mengeluarkan minyak dan keringat. Tentu saja tampilan pori-pori yang besar kerap menjadi permasalahan kulit, terutama kulit wajah.

Besar atau kecilnya pori-pori tak bisa dikontrol namun ternyata dapat dikurangi tampilannya. Berbagai cara untuk menyamarkan pori-pori dapat Anda pilih dan lakukan dengan mudahnya perawatan kulit saat ini.

Termasuk dengan menggunakan skin care untuk mengecilkan pori-pori. Namun, perawatan dan penggunaan skin care tidak akan efektif jika Anda tidak mengetahui penyebab pori-pori Anda tampak besar.

Berikut ini tiga penyebab pori-pori Anda tampak besar dan beberapa tips untuk menyamarkan pori-pori besar Anda.

Baca Juga: Pahami Cara Mencegah Komedo Putih di Wajah

Tersumbat kotoran

Hal ini adalah penyebab paling umum yang dapat menyebabkan pori-pori Anda membesar. Tersumbatnya pori-pori dengan kotoran yang menumpuk dari sisa make up atau debu akan membuat kulit Anda susah bernafas dan kesulitan untuk mengeluarkan sebum atau minyak natural yang diproduksi untuk melembabkan kulit Anda. 

Dermatology Center, dalam lamannya menjelaskan bahwa pori-pori yang tersumbat oleh kotoran akan menumpuk sisa kulit mati yang menyebabkan pori-pori Anda tampak lebih besar dari biasanya.

Cara yang dapat dilakukan untuk permasalahan ini adalah dengan rajin exfoliasi atau membersihkan kulit dari sisa kulit mati. Gunakan produk exfoliasi yang aman dan ringan jika Anda belum terbiasa menggunakan produk yang lebih keras.

Kulit Kering

Kulit yang kering atau kurang terhidrasi juga dapat membuat pori-pori terlihat lebih besar. Karena kurangnya hidrasi atau kelembaban kulit maka tampilan pori-pori akan semakin terlihat.

Baca Juga: Ubah Kebiasaan Rawat Rambut Yuk! Supaya Lebih Sehat

Tentu saja cara paling tepat adalah dengan memberi produk pelembab untuk kulit kering Anda. Tujuannya agar pori-pori Anda tidak memproduksi banyak sebum atau minyak yang menyebabkan pori-pori membesar, untuk menghidrasi kulit Anda.

Tapi, gunakan pelembab secukupnya secara rutin pagi dan malam agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Umur

Semakin bertambahnya umur, kulit juga akan kehilangan kekencangannya. Kulit yang semakin kendur akan membuat tampilan pori-pori Anda terlihat besar.

Dermatology Center juga menjelaskan, bahwa seiring pertambahan usia, kulit Anda akan mengalami penebalan yang membuat sel-sel kecil berkumpul di pori-pori dan membuat tampilan pori-pori semakin besar.

Menjaga kekencangan kulit baiknya dilakukan sebelum kulit mengalami kekenduran seiring dengan pertambahan usia. Menggunakan produk yang berfokus untuk memperbaiki tekstur kulit akan sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit Anda.

Selain itu, mulailah untuk menggunakan produk yang memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit Anda.

Selanjutnya: Lucu! 3 Drama Korea Ini Bikin Tertawa Terus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News