HOME, Keluarga

PMI dan Bluebird Antar-Jemput Gratis Donor Plasma Konvalesen

PMI dan Bluebird Antar-Jemput Gratis Donor Plasma Konvalesen

MOMSMONEY.ID -  Inovasi pelayanan penanggulangan covid-19 terus dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI). Bekerjasama dengan perusahaan penyedia layanan transportasi yaitu Bluebird Group, PMI menyediakan jemput-antar donor plasma konvalesen secara gratis. Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) melepas sejumlah armada transportasi jemput-antar donor plasma konvalesen di area Gudang Darurat Covid-19, Jakarta Selatan, Senin (12/7).

Inovasi layanan tersebut, dijelaskan JK, merupakan pengembangan layanan jemput-antar pasien covid-19 yang didukung Blue Bird. Dengan kemudahan tersebut, JK berharap para penyintas covid-19 dapat terlayani secara maksimal untuk mendonorkan plasma darahnya.

"Kami sudah berupaya secara maksimal untuk mendistribusikan plasma konvalesen. Tapi persoalannya jumlah penyintas yang mendonor sedikit, sementara permintaannya saat ini tinggi sekali, di DKI saja daftar tunggunya mencapai ribuan," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (13/7)

Seperti diketahui, plasma konvalesen diberikan kepada pasien covid-19 sebagai terapi pendamping. Plasma darah yang mengandung antibodi penyintas covid-19 tersebut
disebut dapat membantu meningkatkan pertahanan antibodi penderita terhadap virus tersebut.

"Ini merupakan salah satu terapi yang efektif menurut ahli. PMI sudah melakukan ini (pelayanan donor plasma) berdasarkan standar yang berlaku sejak lama. Untuk yang
plasma konvalesen sendiri sejak pandemi sudah terdistribusi 50 ribuan kantong," jelasnya.

Baca Juga: Pahami donor darah plasma konvalesen, syarat dan alurnya untuk kesembuhan Covid-19

PMI sendiri, kata JK, mampu mengolah 800-an kantong darah dalam sehari dari 42 fasilitas pengolahan plasma konvalesen. Namun, kapasitas pengolahan tersebut belum diimbangi dengan jumlah donor plasma.

"Karena itu kita jemput bola. Jadi donor bisa meminta layanan ini agar dijemput dan diantar ke fasilitas donor plasma konvalesen PMI, pulang juga diantar, nanti mekanismenya diatur," tukasnya.

Sementara itu, Direktur PT Blue Bird Tbk Sigit Djokosoetono menambahkan bahwa kerja sama dengan PMI merupakan bentuk dari tanggung jawab sosial korporasi. Ia mengatakan, sebagai pihak swasta, Bluebird berkomitmen untuk memberikan kontribusi dalam percepatan penanggulangan pandemi covid-19.

“Kami di Bluebird Group menyadari bahwa dibutuhkannya peranan dari semua pihak, tak terkecuali dari pihak swasta dalam bersamasama dengan pemerintah dan instansi terkait dalam berkolaborasi untuk mendukung percepatan penanganan pandemi. Oleh karena itu, kami sangat antusias atas kepercayaan
yang telah diberikan kepada Bluebird Group, sebagai mitra layanan transportasi dari PMI bagi para pendonor plasma konvalesen, termasuk bagi masyarakat yang tidak mampu,” ujar Sigit.

Baca Juga: Apakah semua pasien sembuh dari Covid-19 bisa donor darah plasma konvalesen?

Sigit juga menambahkan bahwa kerja sama dengan PMI merupakan bagian dari kesinambungan program Bluebird, dimana yang terbaru Goldenbird (anak usaha dari
Bluebird Group) melalui program Goldenbird Special Care telah menyediakan layanan pengantaran khusus bagi masyarakat yang OTG ataupun positif covid untuk menuju
tempat-tempat isoman atau tempat swab PCR di Jakarta, dan Surabaya.

“Didukung dengan standar operasional kesehatan yang ketat standar operasional seperti pembersihan armada secara menyeluruh menggunakan cairan desinfektan saat sebelum maupun sesudah beroperasi dan tingkat vaksinasi 100% kepada pengemudi, kami berharap layanan Bluebird Group dapat bermanfaat bagi masyarakat luas serta menjadi andalan masyarakat Indonesia terutama pada masa menantang sekarang ini,” ujar Sigit. 

Selanjutnya: Mantap! Ada Vaksinasi Gratis dari 5 Bank Besar, Yuk Catat Jadwalnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News