CLOSE [X]
ads

Plus Minus Menginvestasikan Uang Anda di Deposito

Reporter: Francisca Bertha Vistika
Kamis, 21 Juli 2022 | 08:07 WIB
Plus Minus Menginvestasikan Uang Anda di Deposito

ILUSTRASI. Menyimpan uang di deposito cenderung aman dibandingkan investíais lainnya, tetapi akan dikenakan pajak 20% dari ninai imbal hasilnya.


'MOMSMONEY.ID - Tidak dapat dipungkiri bahwa sekarang ini masih banyak orang yang menaruh dananya pada instrumen investasi deposito. Alasan utamanya lebih kepada mudah dan aman. 

Menurut Agustina Fitria, perencana keuangan OneShildt , deposito adalah bentuk penempatan dana yang pokok dan bunganya dijamin. "Sepanjang memenuhi syarat penjaminan dari LPS (lembaga penjamin simpanan)," kata Fitri. 

Itu sebabnya, deposito dianggap aman oleh banyak pihak. Sementara  pada produk investasi lain tidak dijamin imbal hasilnya.

Baca Juga: Jangan Harap Untung Tinggi dari Deposito

Akan tetapi, calon investor perlu cermat memilih bank dan bunga yang ditawarkan. Pesan Fitri, jika ingin keamanan, maka pilih bank yang menjadi peserta LPS dan nominal serta besaran bunga tidak melebihi syarat penjaminan LPS.

Di samping itu, pastikan juga jangka waktu deposito sesuai dengan waktu kebutuhan dana tersebut. Menurut Fitri,  jika tidak sesuai dan harus dicairkan sebelum jatuh tempo terdapat risiko bunga berjalan tidak dibayar atau penalti atas pokok deposito. 

Untuk itu, investasi ini cocok untuk dana darurat atau dana lain yang sudah siap untuk dicarikan. Contohnya saja menyimpan sebagian THR atau bonus untuk membayar kewajiban seperti premi asuransi tahunan, uang tahunan sekolah, pajak kendaraan atau pajak bumi bangunan (PBB). 

Sayangnya bunga deposito ini cukup tinggi yakni sekitar 20%. "Ini termasuk cukup tinggi dibandingkan dengan hasil investasi lain seperti obligasi sebesar 10% atau sewa properti sebesar 10%," kata Fitri. 


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER