HOME, AturUang

Pisahkan Rekening Hobi dan Dana Rumahtangga

Pisahkan Rekening Hobi dan Dana Rumahtangga

MOMSMONEY.ID -Ibarat zat adiktif, hobi bisa membuat orang yang melakukannya kecanduan. Jika tidak pandai-pandai mengatur keuangan untuk penyaluran hobi, kocek pribadi dan rumahtangga Anda bisa terganggu. 

Oleh sebab itu, sejumlah perencana keuangan menyarankan agar Anda membuat pemisahan rekening kegiatan hobi dengan anggaran rumahtangga. 

"Pemisahan rekening diperlukan agar dana yang akan digunakan terukur jumlahnya secara nominal," kata Budi Raharjo, konsultan perencana keuangan dari One Consulting. 

Dengan begitu, ketika seseorang akan membelanjakan pos pengeluaran hobi, biaya tidak akan merembet kepada pos-pos pengeluaran lain. 

Mekanismenya bisa sangat sederhana. Anda cukup membuat akun tabungan secara terpisah, yakni akun untuk cash flow dan dana darurat. 
Baca Juga: Melakukan Hobi Tanpa Pusing Kehabisan Uang, Begini Caranya

Pemisahan rekening hobi dan anggaran rumahtangga perlu bagi hobi yang butuh biaya besar. Begitu pula dengan hobi yang bersifat musiman, yakni hobi yang hanya dilakukan satu-dua kali dalam setahun, tapi membutuhkan biaya cukup besar.

Contohnya, hobi mengemudikan kendaraan off-road dan mengadakan touring sekali setahun. Hobi seperti ini harus dibuat anggaran dana tersendiri agar bisa mengumpulkan biaya. Sumbernya bisa berasal dari penghasilan sampingan, dari bonus atau menabung dari gaji rutin Anda. 

Lewat rekening khusus, kegiatan hobi yang bersifat musiman dan butuh biaya besar, seperti traveling, bisa Anda lakukan bersama keluarga ataupun rekan dan kolega. Jadwalnya mungkin tidak pasti, tergantung ketersediaan dananya. 

Selanjutnya: Agar tak jenuh saat bekerja dari rumah, pengusaha muda ini berbagi tipis

Dengan cara ini, pengeluaran untuk hobi tidak mengganggu keuangan rutin bulanan rumahtangga. Nah, bagaimana menurut Anda? Siap mencoba? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News