Santai

Pilih Sesuai Kebutuhan, Ini Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Pilih Sesuai Kebutuhan, Ini Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik

MOMSMONEY.ID - Jika Anda sedang mencari asuransi mobil terbaik yang cocok dengan kebutuhan saat ini, tak ada salahnya mencari tahu cara memilih asuransi mobil terbaik dan rekomendasinya. 

Melansir Lifepal, asuransi mobil adalah asuransi yang memberikan ganti rugi jika kendaraan Anda mengalami kerusakan.

Ada dua jenis asuransi mobil: all risk yang menanggung segala kerusakan dan total loss only (TLO) yang hanya menanggung biaya kerusakan total saja. 

Baca Juga: Pakai Wagely, Bisa Bayar Tagihan Sebelum Gaji Diterima

Polis asurasi mobil all risk biasanya menanggung segala jenis klaim kerusakan mobil dari yang ringan hingga yang parah.

Sedangkan polis asuransi TLO biasanya hanya menanggung biaya mobil hilang akibat pencurian atau terjadi kerusakan dengan nilai perbaikan sama atau lebih dari 75% sesuai harga mobil saat itu.

Jenis asuransi mobil TLO bisa diklaim jika mobil benar-benar rusak total atau tidak bisa dipakai. 

Setelah mengetahui jenis asuransi mobil, kini saatnya Anda mengetahui cara memilih asuransi mobil terbaik. Melansir Lifepal dan Cermati, berikut cara memilih asuransi mobil terbaik:

1. Pilih jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Anda perlu memahami kebutuhan Anda supaya mendapatkan layanan asuransi yang paling tepat. Pahami perbedaan jenis asuransi mobil all risk dan TLO. 

Jika Anda tinggal di daerah tinggi kriminalitas, ada baiknya Anda menggunakan TLO. Lalu, bila Anda tinggal di daerah padat, ada baiknya memilih all risk. Namun, Anda juga bisa memilih jenis asuransi gabungan all risk dan TLO. 

2. Pilih asuransi yang kredibel

Ada baiknya Moms mencari asuransi mobil bukan karena brand-nya yang besar. Lakukan riset lebih mendalam soal bagaimana para nasabahnya dilayani, apakah para nasabah puas dengan pelayanannya atau justru perusahaan asuransi ini menerima banyak komplain. 

Baca Juga: Bisa Mencegah Dehidrasi, Ini 5 Manfaat Buah Mangga Madu untuk Kesehatan

3. Bandingkan polis dan besaran premi yang dibayarkan

Dalam mencari asuransi mobil terbaik, jangan langsung tertarik pada satu perusahaan yang menawarkan premi kecil. Lakukan riset dengan membandingkan dengan perusahaan asuransi lainnya. 

Perhatikan besaran premi yang harus Anda bayarkan, jangan sampai membuat Anda kesulitan nantinya. Pelajari manfaat yang Anda terima dari premi yang Anda bayarkan, apakah setimpal?

4. Pilih asuransi dengan rekanan bengkel yang luas dan terpercaya

Saat memilih asuransi mobil terbaik, ada baiknya Anda menggunakan asuransi yang memiliki rekanan dengan bengkel non-authorized atau bengkel yang bukan dari merek mobil Anda. Layanan ini mampu membantu Anda saat mengalami kerusakan mobil di daerah terpencil. 

Tapi, cek kembali apakah bengkel non-authorized tersebut memiliki layanan yang memadai supaya Anda lebih tenang saat berurusan dengan mereka. 

5. Pelajari fitur layanan yang paling pas

Meski produk asuransi mobil biasanya sama karena diatur oleh OJK, biasanya perusahaan asuransi memiliki keunggulannya masing-masing. 

Untuk mencari asuransi mobil terbaik bagi Anda, coba tanyakan keunggulan produk asuransi tersebut. Misalkan ada asuransi yang juga menanggung pengemudi dan penumpangnya. 

Baca Juga: Jangan Langsung Panik Moms! Ini 4 Cara Mengatasi Anemia pada Anak yang Bisa Anda Coba

Melansir Cermati, Duitpintar dan Lifepal, berikut rekomendasi asuransi mobil yang bisa pelajari dan pilih:

1. Asuransi Sinarmas Mobil

Rekomendasi asuransi ini memiliki premi mulai Rp 1,9 juta per tahun untuk jenis all risk dan sekitar Rp 420.000 per bulan untuk TLO. Adapun usia mobil maksimal yang ditanggung 12 tahun.

Bengkel rekanan mencapai 571 bengkel dengan keunggulan menanggung mobil usia tua. 

2. ACA Asuransi Mobil

ACA Asuransi Mobil memiliki premi TLO mulai Rp 48.000 per bulan, sementara all risk mulai Rp 218.000 per bulan. Jumlah bengkel rekanan lebih dari 400 dengan menanggung usia mobil maksimal 7 tahun.

3. Astra Garda Oto

Premi asuransi Astra Garda Oto untuk TLO mulai Rp 111.000 per bulan dan untuk all risk mulai Rp 318.000 per bulan. Keunggulan asuransi mobil ini adalah memiliki 370 lebih bengkel rekanan dan menanggung usia mobil maksimal 10 tahun.

Keunggulan lainya rekomendasi asuransi mobil ini tersedia layanan Bantuan Darurat Garda Siaga 24 jam. 

4. Zurich Autocilin

Asuransi mobil Zurich Autocilin membebankan premi berdasarkan kondisi kendaraan, wilayah domisili, usia kendaraan serta jenis asuransi yang dipilih. Produk ini menanggung mobil maksimal usia 8-15 tahun tergantung jenis asuransi. 

Premi asuransi jenis TLO mulai Rp 55.252 per bulan dan Rp 257.497 per bulan untuk all risk

Baca Juga: Musim Durian Tiba, Kenali Manfaat Durian untuk Kesehatan Sebelum Mengonsumsinya

5. AXA Mandiri

Asuransi mobil AXA Mandiri memiliki premi mulai dari Rp 600.000 per tahun untuk TLO dan mulai Rp 3 juta untuk all risk. Asuransi ini memiliki 295 lebih bengkel rekanan dan menanggung mobil dengan usia maksimal 10 tahun. 

Demikian informasi mengenai cara memilih asuransi mobil terbaik bagi Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News