HOME, Santai

Pilih Mana, Kartu Prabayar atau Pascabayar? Ini Perbandingannya

Pilih Mana, Kartu Prabayar atau Pascabayar? Ini Perbandingannya

MOMSMONEY.ID - Di era modern seperti sekarang, ponsel yang dibekali kartu seluler atau SIM sudah menjadi barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang.

Biasanya, saat akan memilih kartu seluler untuk digunakan pada ponsel, ada dua jenis kartu yang bisa dipilih, yaitu kartu prabayar dan pascabayar. Walaupun sama-sama digunakan untuk berkomunikasi, keduanya memiliki cara kerja yang berbeda.

Nah, mana yang sebaiknya dipilih, kartu prabayar atau pascabayar? Berikut perbandingannya.

Baca Juga: Beli Pulsa-Bayar Tagihan di Tokopedia Cashback Rp500.000, Simak Promonya!

Pembayaran

Salah satu perbedaan utama dari kartu prabayar dan pascabayar adalah sistem pembayarannya. Dikutip dari IDN Times, kartu prabayar menggunakan sistem bayar di awal. Artinya, Anda hanya tinggal mengisi pulsa kapan saja untuk memenuhi kebutuhan komunikasi.

Sementara itu, provider kartu pascabayar akan memberlakukan tagihan yang berisi rincian pemakaian kartu dan harus dibayar setiap bulannya. Jadi, pembayarannya dilakukan setelah Anda menggunakan kartu.

Pendaftaran

Melansir CNN Indonesia, pendaftaran kartu prabayar tergolong cukup mudah. Sesuai dengan peraturan pemerintah pada tahun 2017, Anda hanya tinggal menggunakan NIK dan nomor Kartu Keluarga untuk mendaftarkan nomor kartu prabayar.

Di sisi lain, calon pengguna layanan pascabayar harus melengkapi berbagai data, seperti mengunggah foto KTP sebagai syarat untuk mendaftarkan kartu pascabayar.

Baca Juga: Promo Tokopedia Sahur Kilat, Beli Pulsa dan Voucher Game Diskon Rp 15.000

Harga dan Pemakaian

Jika dibandingkan, harga paket pada kartu pascabayar sebenarnya lebih murah daripada kartu prabayar, lo.

Sebab, dengan kartu pascabayar, Anda bisa membatasi penggunaan kartu sehingga dapat menekan pengeluaran. Penggunaannya pun akan dilaporkan setiap bulannya, sehingga lebih transparan.

Berbeda dengan kartu pascabayar, kartu prabayar perlu diisi ulang setiap kali pulsa atau paket datanya sudah habis. Hal ini bisa saja memberatkan Anda yang sulit mendapatkan akses pengisian pulsa, terutama di saat darurat.

Target Pengguna

Dikutip dari laman Fastpay, kedua jenis layanan seluler ini pada dasarnya memiliki target pengguna yang berbeda.

Jika Anda termasuk pemula yang malas membayar tagihan dan kurang bisa mengontrol kebutuhan komunikasi, kartu prabayar akan cocok. Sementara itu, kartu pascabayar lebih cocok untuk kalangan dewasa yang bisa membayar tagihan secara rutin dan dapat mengontrol penggunaan kartunya.

Nah, itulah beberapa perbandingan antara kartu prabayar dan pascabayar yang perlu diketahui. Bagaimana, sudah tahu jenis kartu apa yang cocok untuk Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News