HOME, AturUang

Pilih FLPP atau KPR? Mana yang Lebih Cocok untuk Anda?

Pilih FLPP atau KPR? Mana yang Lebih Cocok untuk Anda?

MOMSMONEY.ID -  Sama-sama menawarkan kredit untuk perumahan, sebaiknya tetap cermat memilih Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) atau Kredit Pemilikan Rumah (KPR).  

Eko Endarto, perencana keuangan Finansia Consulting menyebut, bicara rumah dan investasi, rumah pertama itu adalah kebutuhan. Untuk memutuskan menggunakan FLPP atau KPR biasa, maka harus mengukur kemampuan pembiayaan. "Harus ingat, standar angsuran itu 30% dari penghasilan kita," pesan Eko. 

Apabila saat ini sudah punya cicilan mobil, maka sah-sah saja memilih FLPP dengan harapan cicilan bulanannya bisa lebih kecil. Pasalnya, angsuran adalah kewajiban, sehingga menjadi hal utama dalam melakukan pengeluaran dan harus benar-benar dihitung.

Jika ternyata cicilan keduanya sudah mencapai 30%, maka ia menyarankan, cicilan lain yang tujuannya untuk senang-senang harus dihilangkan. 

Baca Juga: Ajukan Cicilan Rumah Lewat FLPP, Bunga Rendah dan Stabil

Hanya, memang, tidak semua orang cocok dengan FLPP mengingat rumah yang diizinkan menggunakan fasilitas ini biasanya jauh dari perkotaan untuk wilayah Jabodetabek. 

"Jadi sesuaikan kebutuhan. Butuh banget punya rumah atau tidak," kata Eko.

Bagi yang belum berkeluarga, coba hitung dahulu: lebih baik sewa dekat tempat kerja atau beli rumah yang jauh dengan biaya transportasi yang juga tinggi.

Kalau ternyata lebih murah sewa, maka tak masalah mengambil cara itu dulu. Tapi buat yang berkeluarga, bisa memanfaatkan FLPP karena punya kewajiban lain, seperti memenuhi kebutuhan keluarga hingga pendidikan anak.

Selanjutnya: Harga Emas di Pegadaian Kembali Terkoreksi, Rabu (8/9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News