HOME, InvesYuk

Pikirkan Perkembangan Dana Sebelum Memutuskan Berinvestasi

Pikirkan Perkembangan Dana Sebelum Memutuskan Berinvestasi

MOMSMONEY.ID -  Moms, sudah tahukah Anda apa yang harus dipertimbangkan sebelum berinvestasi? Bunga yang didapatkan dan risiko yang akan ditanggung sudah pasti Anda pikirkan. 

Namun, sebenarnya Anda juga harus memahami seperti apa perkembangan dana yang Anda investasikan agar ketika dibutuhkan dana yang Anda raup sesuai dengan perkiraan. Aryawan Eko, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE) mengatakan, ada yang namanya rumus pengembangan investasi yaitu FV = PV ( 1 + r)^n. 

FV adalah future value alias nilai pada akhir tahun ke-n. Lantas PV adalah present value, yaitu nilai kini pada tahun ke-). Sementara r adalah suku bunga. Sedangkan N aalah waktu investasi. Rumus di atas untuk menggambarkan investasi dalam setahun.

Baca Juga: Jangan Sampai Terbuang Sia-Sia, Ini Cara Mengelola Dana Pensiun

"Semakin panjang time frame atau periode investasi akan semakin besar pengembangannya atau keuntungannya. Apalagi dengan tingkat pengembangan yang besar, maka akan menghasilkan FV nilai investasi di masa depan yang sangat tinggi," kata Eko. 

Oleh sebab itu untuk mendapatkan tujuan dana pensiun akan sangat bagus jika investasi dimulai sejak usia muda. Pasalnya, periode investasinya masih panjang, yaitu sekitar 25 tahun hingga 30 tahun. 

Apabila dana pensiun baru dimulai setelah usia 50 tahun. Periode investasi tidaklah panjang. Paling lama hanya 10 tahun jika pensiun di usia 60 tahun. Dengan begitu, tidak menghasilkan nilai investasi yang besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News