AturUang

Pikir Ulang Sebelum Ajukan Pinjaman Pendidikan, Pertimbangkan 2 Hal Ini

Pikir Ulang Sebelum Ajukan Pinjaman Pendidikan, Pertimbangkan 2 Hal Ini

MOMSMONEY.ID - Sebelum mengajukan pinjaman pendidikan, Anda harus mempertimbangkan dua hal berikut ini.

Beberapa sekolah dan perguruan tinggi sudah mulai membuka pendaftaran untuk tahun ajaran 2023/2024. Nah, sudahkah dana pendidikan yang Anda siapkan cukup?

Jika belum, sebenarnya pinjaman dana pendidikan bisa menjadi solusi. Anda bisa memanfaatkannya untuk pendidikan tinggi, seperti di negara-negara maju.

Atau, bisa juga sebagai modal untuk mengaver pendidikan keahlian, misalnya, mengikuti kursus. 

Meskipun kelihatannya menarik, Budi Raharjo, perencana keuangan Oneshildt, mengatakan, ada beberapa hal terkait dengan pinjaman pendidikan yang perlu Anda perhatikan, biar keuangan tidak terbebani setelah mengambil pinjaman. 

Baca Juga: Tips Menyiapkan Biaya Pendidikan Anak, Cicil dari Sekarang

Pertama, ada kepastian penghasilan dan kemampuan untuk membayar kembali cicilan. Jangan melakukan pinjaman jika tidak ada kepastian dan kestabilan penghasilan.

"Kemampuan di sini berarti kemampuan untuk membayar cicilan di luar kemampuan juga untuk memenuhi kebutuhan hidup," ujar Budi. 

Kedua, perhatikan biaya-biaya total dari pinjaman. Baik tingkat bunga maupun biaya lain, seperti biaya administrasi, asuransi.

"Dan biasanya, biaya ini akan semakin membengkak dengan semakin panjangnya tenor pinjaman. Jadi, sebaiknya tenor pinjaman tidak terlalu panjang," ujar Budi.

Makanya, perlu atur prioritas dan urgensi pengambilan pinjaman pendidikan. Jika ada ketidakpastian penghasilan, tidak dianjurkan mengambil pinjaman.

Lebih baik menunda sedikit waktu dengan mengumpulkan dana pendidikan yang diperlukan dibanding terlalu memaksakan diri untuk mengambil pinjaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News