HOME, Keluarga

Pijat Payudara, Apa Manfaatnya? Simak Penjelasannya di Sini!

Pijat Payudara, Apa Manfaatnya? Simak Penjelasannya di Sini!

MOMSMONEY.ID - Pijat payudara menjadi salah satu perawatan payudara yang sangat dianjurkan bagi para wanita. Minim risiko, pijat payudara menawarkan beragam manfaat yang baik untuk payudara, mental, dan kesehatan tubuh lainnya.

Bahkan, melakukan pijat payudara meskipun hanya dalam waktu 15 menit tetap akan memberikan manfaat yang luar biasa.

Patut Anda simak, inilah 6 manfaat pijat payudara sebagaimana dilansir dari mindbodygreen dan Healthline.

Baca Juga: 4 Produk Pengencang Payudara dari Merek Lokal, Bagus dan Terjangkau!

1. Meningkatkan sirkulasi

Pijat payudara dapat meningkatkan sirkulasi dan membantu detoksifikasi. Selain itu, pijat payudara juga bisa membantu membersihkan penyumbatan di saluran getah bening akibat penggunaan bra, kurang olahraga, atau bekas luka.

Dikarenakan payudara merupakan bagian dari sistem limfatik yang memindahkan racun dan bahan tidak diinginkan ke seluruh tubuh, maka melakukan pijat payudara secara teratur akan sekaligus membantu tubuh menghilangkan racun dengan lebih efektif.

2. Meningkatkan produksi ASI

Pijat payudara bermanfaat bagi semua wanita termasuk ibu menyusui. Sebuah penelitian menemukan bahwa pijat payudara tidak hanya mampu membantu mengurangi rasa sakit saat menyusui, tetapi juga bisa mengurangi jumlah natrium dalam ASI.

Saat pijat payudara dilakukan pada tahun pertama pasca-persalinan, itu dapat meningkatkan kualitas ASI. Plus, pijat payudara juga bisa membantu membersihkan sumbatan di saluran susu.

3. Meredakan nyeri otot

Rutinitas olahraga seperti push-up dan angkat besi rentan membuat payudara terasa sakit setelahnya. Hal ini dikarenakan adanya otot pectoralis mayor dan minor yang terletak di bawah jaringan payudara. Adapun otot-otot tersebut dapat mengencang akibat olahraga, stres, postur tubuh yang buruk, atau otot yang menegang di bagian leher dan punggung.

Jika Anda kerap mengalaminya, maka pijat payudara sangat layak untuk Anda pertimbangkan guna membantu meringankan ketegangan otot yang berlebihan.

4. Membantu mengurangi stres

Sama halnya dengan jenis pijatan lainnya, pijat payudara juga menawarkan perasaan positif. Pasalnya, pijat payudara memiliki kemampuan untuk memicu hormon oksitosin atau hormon bahagia.

Saat Anda melakukan pijat payudara, hormon oksitosin akan terlepas layaknya Anda sedang berpelukan atau menyusui si kecil. Pada gilirannya, hormon oksitosin yang terlepas tersebut akan meningkatkan suasana hati Anda sekaligus mengurangi stres.

5. Mengidentifikasi kanker payudara sedari dini

Pijat payudara bisa menjadi cara yang efektif untuk mengidentifikasi keberadaan kanker payudara pada tahap awal. Menurut sebuah studi, sekitar 25% wanita berhasil mendeteksi kanker payudara yang mereka idap melalui pemeriksaan sendiri termasuk pijat payudara.

Jadi, sangat dianjurkan bagi Anda untuk mulai menjadikan pijat payudara sebagai rutinitas guna memantau kondisi payudara Anda secara berkala sekaligus mencegah keterlambatan penanganan jikalau kanker payudara benar-benar menyerang.

6. Meningkatkan penampilan payudara

Pijat payudara dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan payudara. Pijat payudara juga dipercaya dapat sekaligus membantu meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit payudara jika dibarengi dengan mengoleskan minyak zaitun.

Itulah sebabnya banyak wanita menjadikan pijat payudara sebagai salah satu metode untuk memperbaiki penampilan payudara yang kendur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News