HOME, AturUang

Pertimbangkan Tujuan Sebelum Memutuskan Kerja Sambil Kuliah

Pertimbangkan Tujuan Sebelum Memutuskan Kerja Sambil Kuliah

MOMSMONEY.ID - Hal yang dibayangkan orang saat akan melanjutkan kuliah lagi atau kerja sambil kuliah adalah uang.  Padahal yang lebih penting adalah tujuan kuliah itu sendiri. 

Banyak orang yang merasa tidak sanggup ketika sudah kuliah setengah jalan. Alasan ekonomi yang kerap menghantui. Jika tujuan utama kita kuliah untuk mencari penghasilan lebih baik ke depannya, ya tak masalah untuk cari pinjaman guna melanjutkannya. 

Andy Nugoroho, perencana keuangan mengingatkan, sebaiknya pertimbangkan lagi apa yang menjadi tujuan dari kuliah tersebut.

"Kalau tujuannya cuma menyenangkan orangtua, ya, mending tak usah lanjut kuliah. Tapi kalau tujuannya untuk dapat gaji atau kerja yang lebih baik, ya, lanjut dengan berbagai cara," kata Andy.

Itu artinya, jika tujuannya hanya untuk gengsi, menyenangkan orangtua, dan alasan yang tidak patut diperjuangkan lainnya, sebaiknya berhenti saja. Andy menggunakan istilah cut loss.

"Ya sama kaya investasi aja. Cut loss. Berhenti di tengah jalan. Daripada dipaksakan nanti menyesal," kata Andy.

Andy kerap menemui orang yang demikian. Kuliah hanya sebagai ajang untuk menyenangkan orangtua dan gengsi. Alhasil ketika benar-benar kuliah tidak kuat dari sisi manajemen waktu, bahkan manajemen uang membuat berhenti di tengah jalan.

 Menurut Andy, kuliah sebenarnya sebagai investasi dalam hal pengetahuan. Dengan skill bertambah, pendapatan juga berpotensi bertambah.  

Untuk yang merasa itu sebagai investasi, misalnya, setelah kuliah mau menjadi tenaga pengajar atau bekal untuk mencari pekerjaan yang lebih baik, tidak ada salahnya melakukan berbagai cara.

"Jangan sekadar ikut-ikutan. Karena mengembalikan investasinya butuh waktu," kata Andy. 

Andy berbagi kisah bahwa dahulu ada rekannya yang juga kuliah pascasarjana rela jadi sopir taksi online sebelum kuliah dan sesudah kuliah. Namun, karena memang tekadnya mengubah nasib, sang rekan kini sudah menjadi kepala cabang di salah satu bank.

Bahkan ada temannya yang rela menghabiskan dana untuk pesawat Batam-Jakarta-Batam setiap minggu hanya untuk kuliah. Teman Andi tersebut mengaku kuliah untuk menaikan kariernya. Akhirnya, sekarang sang teman sudah mendapat yang diimpikan.

"Kalau yang tujuan seperti itu, tidak masalah untuk meminjam. Jangan sampai merasa terbebani ketika mencicil pinjamannya," tegas Andy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News