Keluarga

Pertimbangkan 4 Hal Ini dengan Matang Sebelum Beli Rumah

Pertimbangkan 4 Hal Ini dengan Matang Sebelum Beli Rumah

MOMSMONEY.ID - Membeli rumah membutuhkan uang yang tidak sedikit dan akan Anda tinggali untuk jangka panjang. Supaya tak menyesal di kemudian hari, Anda wajib mempertimbangkan beberapa hal ini sebelum membeli rumah.

Supaya tidak menyesal, Anda bisa mengikuti tips di bawah ini. Melansir dari Properti 99, hal pertama yang harus menjadi perhatian adalah kebutuhan keluarga.

Bagi keluarga muda, membeli rumah harus mempertimbangkan rencana memiliki anak. Jika tidak disesuaikan, bisa jadi jumlah kamar yang telah dibuat tidak sesuai dengan kebutuhan keluarga. 

Baca Juga: Ini 8 Rahasia Cara Membuat Rumah Anda Harum

Pertimbangan lainnya adalah mengenai luas garasi, rencana renovasi, hingga kebutuhan ruang terbuka hijau di rumah. Anda bisa mendiskusikan ini bersama pasangan atau rekan terdekat. 

Hal-hal lain yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli rumah

1. Pertimbangkan lokasi dan akses dari maupun ke rumah sebelum membelinya

Lokasi rumah harus menyesuaikan dengan bujet dan kebutuhan. Jika memilih lokasi di tengah kota, maka Anda butuh dana yang lebih besar. Namun akses ke fasilitas umum akan lebih mudah.

Begitu pula sebaliknya. Jika Anda memilih lokasi di pinggiran, maka pastikan ada akses kendaraan umum yang mempermudah mobilitas Anda.

2. Cari tahu fasilitas yang ada di sekitar rumah. 

Pastikan Anda memahami lingkungan sekitar rumah baru yang akan Anda pilih. Contoh, dekat dengan toko kelontong. Keberadaan toko kelontong di dekat rumah akan mempermudah Anda untuk melengkapi kebutuhan rumahtangga.

Selain itu, fasilitas yang perlu Anda perhatikan adalah:

  • Dekat dengan rumahsakit atau puskesmas.
  • Dekat dengan tempat ibadah. 
  • Dekat dengan pasar.
  • Dekat dengan ATM. 

Baca Juga: Sedang Cari Inspirasi Desain Kamar? Yuk Intip Ide Kamar Tidur Bernuansa Pink Ini

3. Pahami lingkungan sekitar di dekat rumah Anda. 

Anda bisa mulai mencari tahu apakah kawasan rumah Anda berada di wilayah rawan bencana. Sehingga, Anda bisa melakukan tindakan preventif jika memilih rumah tersebut. Pastikan juga mengenai struktur tanah dan akses air bersih. 

4. Pertimbangkan material yang digunakan untuk membangun rumah

Anda perlu menanyakan material yang digunakan kepada pihak yang membangun atau pemilik rumah sebelumnya. Tentu saja, ini bisa menjadi tindakan preventif jika terjadi kerusakan.

Misalkan saja, rumah yang menggunakan batu bata lebih kokoh dibandingkan dengan batako. Begitu pula lantai dengan pelat beton akan lebih kuat dibanding lantai yang hanya disemen. 

Demikian beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News