HOME, Santai

Pernah Merasakan yang Mana? Ini 4 Jenis Kesepian dan Penyebabnya

Pernah Merasakan yang Mana? Ini 4 Jenis Kesepian dan Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Ternyata tak hanya cinta saja yang memiliki banyak jenis dan macamnya. Begitu pun dengan kesepian yang ternyata juga memiliki beberapa jenisnya.

Kesepian yang kerap melanda perasaan tenyata tak hanya disebabkan karena patah hati, namun ada beberapa penyebab berbeda dari jenis kesepiannya.

Berikut ini adalah beberapa jenis kesepian yang biasa dan umum dirasakan oleh banyak orang.

Baca Juga: Penuh Ketegangan, Simak Sinopsis Serial Thriller Netflix, Caliphate!

Relationship loneliness

Relationship loneliness adalah kesepian yang dirasakan karena kurangnya kasih sayang yang didapat dari pasangan. Laman Psychological Today menjelaskan bahwa kesepian jenis ini merupakan kesepian yang bisa melanda siapa pun yang memiliki keluarga dan sahabat yang suportif.

Kesepian jenis ini biasanya disebabkan karena munculnya perasaan sepi dan kosong yang dikarenakan tidak adanya perasaan intim dengan pasangan. Bisa juga diakibatkan karena tidak adanya koneksi mendalam dengan pasangan yang akhirnya membuat perasaan kesepian muncul.

Friendship loneliness

Kesepian ternyata juga bisa disebabkan karena persahabatan. Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya waktu yang dimiliki untu berkumpul bersama dengan teman karena kesibukan masing-masing.

Biasanya situasi ini muncul setelah adanya perpisahan seperti kelulusan sekolah, teman kerja yang pindah, atau pun teman tetangga yang pindah rumah.

Baca Juga: Ini 7 Serial Netflix yang Bakal Memiliki Season Terbarunya di Tahun 2022!

Transitional loneliness

Lingkungan baru yang membuat seseorang harus beradaptasi kembali tentunya juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya perasaan kesepian.

Laman Bustle menjelaskkan bahwa perubahan yang besar dalam kehidupan juga akan memberikan efek kesepian walaupun merupakan hal yang baik. Namun hal tersebut tentunya akan membuat siapa pun menjadi lebih nyaman dengan lingkungan baru walaupun membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Lack of family support

Peran keluarga juga berpengaruh pada perasaan kesepian yang dirasakan seseorang. Kurangnya dukungan dari keluarga memberikan dampak yang buruk seperti contohnya kesepian.

Tidak semua orang tentunya dianugerahi keluarga yang sempurna, namun hal tersebut bisa sedikit teratasi dengan memiliki dukungan dari teman maupun saudara yang lainnya. Tentu saja yang bisa memberikan support positif yang tidak membuat siapa pun merasa kesepian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News