Perlu Dicoba! 5 Buah yang Ampuh Turunkan Gula Darah

Reporter: Helvana Yulian
Minggu, 05 Desember 2021 | 06:10 WIB
 Perlu Dicoba! 5 Buah yang Ampuh Turunkan Gula Darah

MOMSMONEY.ID - Gula darah tinggi atau diabetes adalah salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di seluruh penjuru dunia.

Apalagi jika Anda memiliki anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit diabetes, maka Anda memiliki risiko yang lebih tinggi. 

Ketika seseorang mengidap diabetes, tubuh mereka tidak menghasilkan cukup insulin, atau tidak dapat menggunakan insulin dengan benar. Alhasil, glukosa terakumulasi dalam darah, dikuitp dari Mayo Clinic.

Orang yang menderita gula darah tinggi sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, salah satunya adalah buah. Buah tidak hanya segar dan mengganjal lapar, tapi juga menjadi camilan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.  

Baca Juga: Waspada! Ini Dia 5 Gejala Awal Diabetes yang Sering Tidak Disadari

Meski begitu, Anda mungkin tahu bahwa sebagian besar buah tinggi gula. Walaupun yang terkandung adalah gula alami, gula darah tetap bisa melonjak.

Maka dari itu, jika Anda memiliki diabetes atau penyakit gula, penting untuk memilih jenis buah yang baik. Dikutip dari beberapa sumber, inilah beberapa daftar buah yang aman untuk penderita diabetes. 

1. Buah Kiwi 

Selain aman untuk gula darah, buah ini juga jadi pilihan menu diet penurunan berat badan. Perlu diketahui bahwa satu buah kiwi besar mengandung sekitar 56 kalori dan 13 gram karbohidrat. 

2. Buah Jeruk

Selain itu, jeruk juga kaya akan asam folat dan kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah. Selain jeruk, Anda juga bisa mengonsumsi beragam buah sitrus lainnya, seperti lemon dan jeruk bali. 

 3. Buah Pir

Selain GI yang rendah, buah ini baik untuk diabetes karena mengandung berbagai nutrisi penting. Kandungan flavonoid dalam buah pir disebut-sebut menjadi kunci mencegah sekaligus mengobati diabetes. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil di Trimester Pertama Kehamilan

4. Buah Apel

Selain itu, apel juga mengandung indeks glikemik yang cukup rendah, yaitu dibawah 55. Bahkan, bua apelakan semakin bermanfaat untuk penyakit gula apabila dimakan sekaligus dengan kulitnya karena kandungan nutrisi dan antioksidannya jadi lebih tinggi. 

 5. Buah Stroberi

Senyawa aktif dalam buah stroberi ini juga diketahui bermanfaat untuk mengurangi risiko komplikasi retinopati diabetik dan gangguan saraf lainnya pada penderita diabetes. 

 

Orang dengan diabetes mungkin juga perlu minum obat dan mengukur gula darah mereka secara teratur untuk mengurangi risiko gejala dan komplikasi yang berpotensi berbahaya. 

Anda perlu membicarakan hal ini dengan dokter tentang bagaimana memasukkan makanan sehat tadi ke dalam rencana perawatan diabetes.

Selanjutnya: Urut dari yang termurah, inilah daftar harga sepeda gunung Element update teranyar

Editor: Helvana Yulian
Terbaru