HOME, Bugar

Perlu Anda Perhatikan, Ini 4 Gejala Penyakit Maag

Perlu Anda Perhatikan, Ini 4 Gejala Penyakit Maag

MOMSMONEY.ID - Semua orang bisa mengalami penyakit maag. Itu sebabnya, memerhatikan gejala penyakit maag merupakan hal penting.

Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai sehingga kondisi kesehatan bisa tetap terjaga.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan memicu kemunculan penyakit maag. Mulai dari makan dalam jumlah besar, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas atau berlemak, makan dalam tempo cepat, hingga langsung berbaring setelah makan.

Tak hanya itu, kebiasaan tak sehat lainnya juga bisa menyebabkan penyakit maag semakin parah. Misalnya, merokok dan mengonsumsi alkohol.

Jika Anda mengalami gejala-gejala berikut ini dalam jangka waktu yang relatif lama, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Baca Juga: Biar Imun Kuat Hadapi Covid, Tai Chi Ini Bisa Jadi Piihan

Gejala umum

Mengutip dari Healthline, ada beberapa gejala penyakit maag yang biasa dialami oleh banyak orang, misalnya, sakit perut, perut kembung, mual, muntah, dan heartburn. Heartburn adalah kondisi di mana sensasi terbakar muncul dari perut, dada, hingga ke mulut.

Sendawa

Biasanya, penderita maag memiliki jumlah asam lambung yang lebih tinggi daripada biasanya. Selain menyebabkan perut terasa kembung, kondisi itu juga bisa menyebankan Anda sering bersendawa.

Jika Anda mengalami hal itu, segera periksakan diri ke dokter, ya. Apalagi jika heartburn terasa semakin parah.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Obat Herbal Asam Urat, Bisa Anda Coba

Rasa kenyang yang tidak biasa

Mudah merasa kenyang termasuk dalam daftar gejala penyakit maag.

Merasa kenyang memang merupakan hal yang biasa dialami oleh banyak orang. Namun, Healthline menyebutkan, rasa kenyang juga bisa jadi gejala penyakit maag. Terlebih, jika Anda merasa kenyang saat mengonsumsi makanan dalam porsi normal.

Gejala parah

Sebaiknya, jangan abaikan beberapa gejala penyakit maag. Jika kondisi itu terus Anda biarkan, bukan tidak mungkin mengalami gejala yang lebih parah.

Contoh, frekuensi muntah meningkat dan bisa dibarengi dengan keluarnya darah, feses yang keluar berwarna gelap, dan sulit menelan. Karena Anda kesulitan untuk menelan, berat badan Anda juga bisa turun seiring berjalannya waktu.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Sehingga, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Selanjutnya: Perlu Anda Hindari, Berikut 4 Pantangan Tekanan Darah Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News