Perlu Anda Hindari, Berikut 4 Pantangan Tekanan Darah Tinggi

Penulis: Belladina Biananda
Selasa, 29 Juni 2021 | 18:20 WIB
Perlu Anda Hindari, Berikut 4 Pantangan Tekanan Darah Tinggi

MOMSMONEY.ID - Tekanan darah tinggi bisa mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan, jika terus dibiarkan. Salah satu cara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan adalah dengan menghindari beberapa pantangan tekanan darah tinggi.

Mengutip dari Healthline, Anda perlu banyak makan buah, sayur, biji-bijian utuh, dan lean protein. Tentu saja, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter supaya bisa mendapat menu makan sehat yang sesuai dengan kondisi Anda.

Biasanya, dokter akan merekomendasikan beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari. Misalnya, makanan dan minuman yang mengandung banyak natrium dan gula. Jenis makanan dan minuman itu justru bisa memperparah tekanan darah dalam tubuh.

Acar

Tahukah Anda bahwa acar termasuk salah satu pantangan tekanan darah tinggi? Jenis makanan itu mengandung banyak garam sehingga tidak baik untuk tekanan darah Anda.

Sebuah acar timun berukuran kecil mengandung sekitar 447 mg natrium. Jadi, sebaiknya batasi atau benar-benar hindari konsumsi acar.

Baca Juga: Jangan Asal Beli Pasta Gigi, Simak Tip Berikut Ini

Gula

Penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi sebaiknya mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi banyak gula dapat membuat seseorang mengalami obesitas.

Nah, hal itulah yang berpengaruh pada tekanan darah tubuh. Tak hanya orang dewasa, anak kecil juga bisa mengalami hal yang sama.

Jadi, jangan lupa untuk membatasi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula, apalagi pemanis buatan, seperti minuman bersoda.

Alkohol

Minuman beralkohol termasuk salah satu pantangan tekanan darah tinggi.

Alkohol termasuk pantangan tekanan darah tinggi berikutnya yang disebutkan Healthline. Selain meningkatkan tekanan darah, terlalu banyak mengonsumsi alkohol juga berpengaruh pada efektivitas obat tekanan darah tinggi yang sedang Anda konsumsi.

Mulailah untuk mengurangi jumlah alkohol yang Anda konsumsi hingga akhirnya Anda bisa benar-benar tak mengonsumsi alkohol sama sekali. Jika Anda kesulitan untuk menghentikan kebiasaan itu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: 4 Bahan Alami Sebagai Cara Memutihkan Leher

Garam

Ada banyak makanan kaya garam yang sebaiknya tak Anda konsumsi supaya tekanan darah lebih terkontrol. Sebaiknya, jangan konsumsi garam lebih dari 1 sdt per hari.

Namun, setiap orang bisa memiliki batas maksimal konsumsi garam yang berbeda-beda. Jadi, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Selanjutnya: 4 Gejala Penyakit Kolera, dari Kram otot hingga Dehidrasi

 

Editor: Belladina Biananda
Terbaru