HOME, Bugar

Perlindungan dari Sinar UV, 5 Manfaat Jambu Biji untuk Kecantikan Kulit

Perlindungan dari Sinar UV, 5 Manfaat Jambu Biji untuk Kecantikan Kulit

MOMSMONEY.ID - Jambu biji mengandung vitamin C yang tinggi, sangat bagus untuk kecantikan kulit. Selain itu, jambu biji juga mengandung vitamin A, serat, potasium dan lain-lain. Biasanya, anda mengonsumsi buah jambu biji dengan cara dibuat jus atau dikonsumsi secara langsung. 

Tidak hanya buahnya, daun jambu biji juga memiliki manfaat yang baik untuk kulit salah satunya mengatasi komedo dan jerawat. Melansir dari  evamuliaclinic.com, di dalam daun jambu biji terkandung sifat anti-inflamasi, antioksidan, antimikroba, analgesik, yang membantu merawat kulit. 

Agar anda lebih memahami tentang buah dan daun jambu biji untuk kecantikan. Berikut manfaatnya untuk anda dilansir dari evamuliaclinic.com, yaitu: 

1. Mengatasi  Komedo

Manfaat daun jambu biji yang pertama adalah dapat mengatasi komedo. Cara mengatasi komedo dengan daun jambu biji cukup mudah. Anda perlu siapkan 3 helai daun jambu biji. Lalu, bersihkan dan rebus beberapa menit. Letakan daun jambu biji ke dalam wadah.

Selanjutnya, campurkan rebusan daun jambu biji dengan sedikit air dan bubuk kunyit. Kemudian, aplikasikan pada wajah dan gosok secara perlahan. Anda bisa melakukan cara ini dua kali dalam seminggu untuk mengatasi komedo. 

Jerawat

2. Mengurangi Jerawat

Daun jambu biji juga dapat mengurangi jerawat. Daun jambu biji memiliki sifat antibakteri yang dapat menghalau bakteri penyebab jerawat. Daun jambu biji juga bersifat anti-peradangan yang dapat membantu menenangkan kulit, mengurangi munculnya jerawat, dan membantu mengurangi bintik-bintik hitam pada kulit.

Cara membuat tidak sulit yaitu siapkan beberapa daun jambu biji muda, lalu bersihan dan tambahkan sedikit air. Lalu, remas-remas daun jambu hingga berbusa. Kemudian, aplikasikan airnya pada bagian wajah yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air bersih. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Sleeping Maks Mengatasi Wajah Kusam, Harga di Bawah Rp50.000

3. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah jambu biji yaitu dapat mencegah penuaan dini. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A, vitamin C dan potassium yang merupakan antioksidan yang baik sehingga mampu melawan radikal bebas. Sehingga kulit tetap bersinar dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus.

Kebiasaan Merusak Kulit

4. Mengencangkan Kulit 

Daging buah dan biji jambu bisa dijadikan sebagai scrub dan masker wajah. Menggunakan masker atau scrub dari jambu biji bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada wajah.

Sehingga wajah anda menjadi cerah dan sehat. Gunakan masker atau  scrub jambu biji dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil akhir yang masksimal. 

5. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Manfaat jambu biji untuk kecantikan lainnya adalah mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Jambu biji mempunyai kandungan likopen yang tinggi. Likopen merupakan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan polusi lingkungan.

Selanjutnya: Lucu & Praktis, 4 Rekomendasi Parfum Wangi dengan Harga di Bawah Rp30.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News