Santai

Perjalanan Kroasia di Piala Dunia 2022, di Luar Prediksi

Perjalanan Kroasia di Piala Dunia 2022, di Luar Prediksi

MOMSMONEY.ID - Jika menilik perjalanan Kroasia di Piala Dunia, tim The Eternal Underdogs ini telah tiga kali masuk babak empat besar. Tim ini lolos semifinal Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Brasil.

Kroasia vs Brasil bermain imbang hingga babak perpanjangan habis. Hingga akhinya, Brasil dan Kroasia harus adu penalti. Beruntung, Kroasia punya penjaga gawang Dominik Likovic yang ketat menjaga gawangnya. 

Melansir laman FIFA, Kroasia termasuk tim yang jarang muncul dalam prediksi para pengamat untuk mengangkat piala juara Piala Dunia. Namun, dalam dua Piala Dunia yakni tahun 1998 dan 2018, Kroasia lolos ke semifinal. 

Baca Juga: Siapakah Pencetak Gol Terbanyak Dalam Satu Edisi Piala Dunia Qatar 2022?

Piala Dunia Qatar 2022 akan menjadi kali ketiga bagi Kroasia untuk masuk ke semifinal. Perjalanan Kroasia cukup mengejutkan. 

Perjalanan Kroasia saat pertama kali lolos ke semifinal adalah di tahun 1998 mengalahkan Jerman. Di semi final Piala Dunia Prancis 1998, Kroasia harus kalah dari Prancis 1-2. Hingga akhirnya Kroasia berada di posisi ketiga, mengalahkan Belanda. 

Kali kedua perjalanan Kroasia berhasil masuk babak semifinal di Piala Dunia Rusia 2018. Untuk lolos ke semifinal, Kroasia mengalahkan tuan rumah, Rusia dengan adu penalti 4-3.

Di semifinal, Kroasia mengalahkan Inggris dengan skor 2-1. Kroasia jadi juara 2 di Piala Dunia 2018 setelah kalah dari Prancis di laga final. 

Baca Juga: Penjaga Gawang Kroasia Dominik Livakovic Selamatkan 3 Penalti di 16 Besar Piala Dunia

Kali ketiga, perjalanan Kroasia kembali masuk ke babak semifinal setelah mengalahkan Brasil melalui adu penalti. Di semi final Piala Dunia 2022, Anda akan menyaksikan pertandingan Kroasia vs Argentina. 

"Kami adalah negara kecil dan sudah terbiasa dengan itu (diremehkan). Semua sama, sekali lagi kami adalah salah satu dari empat tim terbaik di dunia," kata Luka Modric kepada FIFA setelah menang atas Brasil. 

Masih melansir FIFA, Kroasia juga tercatat sebagai tim yang berhasil masuk semifinal UEFA Nations League. Ini membuktikan bahwa perjalanan Kroasia di Piala Dunia Qatar 2022 bukan kebetulan atau keberuntungan. 

Kroasia juga saat ini punya pemain yang secara individual punya kualitas yang apik. Misalnya, Luka Modric, sang kapten berusia 37 tahun ini. Modric, yang memeluk Rodrygo usai menang lawan Brasil, teman satu timnya di Real Madrid, dinilai sebagai gelandang tengah yang sempurna. 

Ada juga Marcelo Brozovic, Ivan Perisic, Dejan Lovren-Josko Gvardiol, dan Dominik Livakovic. Dominik bahkan sejauh ini jadi salah satu penjaga gawang terbaik di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Lionel Messi Cetak Gol ke-10 di Piala Dunia, Ini Daftar Pencetak Gol Terbanyak

Demikian informasi mengenai perjalanan Kroasia di Piala Dunia. Apakah Anda termasuk fans tim nasional negara tersebut?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News