Periksa Daftar Makanan Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Penulis: Belladina Biananda
Minggu, 20 Juni 2021 | 13:00 WIB
Periksa Daftar Makanan Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan di masa kehamilan adalah memerhatikan makanan yang Anda konsumsi. Dengan memilih makanan untuk ibu hamil yang tepat, tak hanya kesehatan Anda yang terjaga, tapi kondisi janin dalam kandungan juga tetap sehat.

Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda jadikan pilihan, misalnya telur. Telur merupakan bahan alami yang mengandung banyak nutrisi penting. Mulai dari protein, folat, zat besi, hingga kolin. Pastikan untuk mengonsumsi kuning telur karena kolin banyak ditemukan di bagian tersebut.

Selain telur, tentu saja masih banyak pilihan makanan lain yang bisa Anda konsumsi. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi makanan-makanan ini secara rutin, ya. Tujuannya untuk menghindari efek samping yang tidak Anda inginkan.

Yogurt

The Bump (thebump.com) merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi yogurt selama hamil. Bukan tanpa alasan, produk olahan susu itu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan selama pertumbuhan dan perkembangan janin.

Salah satu nutrisi penting yang terdapat dalam yogurt adalah kalsium. Nutrisi itu baik untuk perkembangan tulang dan gigi janin dalam kandungan. Mengonsumsi yogurt juga bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium selama hamil, yaitu sebesar 1000 mg kalsium per hari.

Baca Juga: 6 Pertimbangan Memilih Popok Bayi, Kudu Cermat Saat Belanja

Sayuran Hijau

Sayuran hijau tak boleh ketinggalan dari daftar makanan untuk ibu hamil. Jenis makanan itu memiliki banyak nutrisi, seperti kalium, folat, kalsium, serat, vitamin A, dan lain-lain. sayuran hijau juga memiliki banyak antioksidan yang baik untuk sistem imun ibu hamil dan janin yang dikandung.

Jeruk

Mengutip dari The Bump, cobalah untuk rutin mengonsumsi jus jeruk selama hamil. Jus jeruk dipenuhi dengan berbagai macam vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Mulai dari kalium, vitamin C, folat dan lain sebagainya.

Baca Juga: Arisan! Alternatif Jitu Mendongkrak Omzet, Simak Kiatnya

Oatmeal

Apakah Anda gemar mengonsumsi oatmeal? Ternyata, oatmeal termasuk dalam daftar makanan untuk ibu hamil yang bisa Anda coba, lo. Selain dipenuhi dengan banyak nutrisi, oatmeal juga mampu menambah energi dan mengatasi beberapa masalah saat hamil, seperti morning sickness dan sembelit.

Salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega-3 dan protein yang baik untuk kesehatan Anda dan janin. Nutrisi-nutrisi tersebut baik untuk perkembangan otak dan indra penglihatan. Untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan, cobalah untuk tidak mengonsumsi salmon lebih dari 12 ons per minggu.

Selanjutnya: Promo Superindo Super Hemat 20 Juni 2021, diskon Hari Minggu!

 

Editor: Belladina Biananda
Terbaru