HOME, AturUang

Perhatikan Kemampuan Bayar Paylater, Jangan Gali Lubang Tutup Lubang

Perhatikan Kemampuan Bayar Paylater, Jangan Gali Lubang Tutup Lubang

MOMSMONEY.ID - Penyedia paylater sudah pasti diuntungkan jika Moms menggunakan produk mereka. Namun, mereka juga berharap pengguna bijak menggunakan paylater.

Presiden Direktur PT Akulaku Finance Indonesia, Efrinal Sinaga seperti dikutip Tabloid KONTAN, mengatakan dalam paylater pembelian produk, pastikan keputusan itu didasari kebutuhan. Jadi, bukan keinginan semata, tapi dengan menetapkan skala piroritas.

Jika sudah ditetapkan, konsumen perlu mencermati kemampuan membayar pada tanggal pembayaran. Selain itu, jangan sampai membayar cicilan dengan cara membuat utang baru.

Baca Juga: Intip Weekend Promo Prima Freshmart periode 16-18 Juli 2021

"Itu berpotensi menambah beban keuangan konsumen," kata Efrinal kepada Tabloid KONTAN. 

Makanya, Efrinal menegaskan bahwa konsumen perlu menyesuaikan alokasi pendapatan yang diperoleh dengan pembayaran cicilan. Umumnya komposisi penghasilan yang dapat dialokasikan untuk membayar cicilan  adalah antara 30%-35%.

Indiana Andamari, VP Marketing and Communication Kredivo  mengatakan bahwa sebaiknya pengguna memilih tenor yang sesuai dengan kemampuan diri dalam membayar. Tentunya, paylater juga dipakai hanya untuk membeli produk yang menunjang produktivitas dan pekerjaan Moms.

"Setelahnya, set dan alokasikan bujet khusus untuk cicilan beberapa bulan ke depan agar cash flow terjaga," pesan Indiana, kepada Tabloid KONTAN. 

Nah, keuntungan pakai paylater adalah banyak promonya. Selalu cermati memanfaatkan promo-promo yang disediakan untuk membeli barang di marketplace terutama ketika flash sale. Dengan begitu, Moms bisa mendapat harga lebih murah dan belanja lebih hemat. 

Selanjutnya: Borong Camilan dalam Promo KJSM Hari Hari Swalayan Hari ini, 17 Juli 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News