Bugar

Perhatikan! Inilah 8 Cara Merawat Rambut Habis di Smoothing

Perhatikan! Inilah 8 Cara Merawat Rambut Habis di Smoothing

MOMSMONEY.ID - Habis melakukan smoothing, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Hal ini agar menjaga rambut tetap lurus dan lembut, serta mengantisipasi terjadinya kerusakan parah terhadap rambut. Agar tidak keliru, berikut cara merawat rambut habis di smoothing yang harus Anda tahu dilansir dari dove.com, yaitu: 

1. Hindari Keramas Selama 3 Hari Setelah Smoothing

Pertama, jangan lakukan keramas dalam 3 hari setelah smoothing. Hal ini supaya obat kimia yang diaplikasikan saat smoothing berhasil membentuk ulang stuktur rambut Anda menjadi lurus. 

2. Hindari Terlalu Sering Mencuci Rambut

Cara merawat rambut habis smoothing selanjutnya adalah hindari terlalu sering mencuci rambut. Alasannya, karena bahan kimia smoothing tidak cepat hilang akibat terkikis sampo dan air. Anda cukup keramas minimal 3 kali dalam seminggu untuk menjaga rambut tetap bersih dan tidak lepek

3. Pilih Sampo Khusus Rambut Smoothing

Berikutnya, pastikan Anda memakai sampo khusus untuk rambut smoothing. Supaya dapat menjaga hasil smoothing dan juga maksimal melindungi rambut. Pilih sampo terbaik buat rambut Anda. 

4. Gunakan Kondisioner

Setelah memakai sampo, lanjutkan dengan penggunaan kondisioner. Smoothing juga kerap membuat rambut lebih kering. Oleh sebab itu, Anda perlu melengkapi rangkaian perawatannya dengan memakai kondisioner setelah keramas. Gunakan kondisioner yang bisa membuat rambut Anda tetap indah, lurus, dan lembap.

Baca Juga: Inilah 4 Bahan Alami yang Ampuh Memutihkan Ketiak

5. Hindari Mengikat Rambut

Cara merawat rambut habis smoothing berikutnya adalah hindari mengikat rambut. Sebaiknya bebaskan rambut dengan menggerainya. Mengikat rambut menyebabkan hasil smoothing bisa rusak. Begitu juga menyelipkan rambut di belakang telinga. Rambut yang terlalu lama diikat kencang juga bisa berisiko cepat patah.

6. Hindari Menggunakan Styling Tool

Sering memakai styling tool buat penampilan sehari-hari? Selama ingin rambut Anda tetap lembut dan terhidrasi, hentikan dulu memakai styling tool. Alat-alat seperti catokan, curling iron, atau blow dry bisa mengganggu ikatan bahan kimia pada rambut yang baru di-smoothing. Suhu panas dari styling tool tak hanya memicu dehidrasi pada rambut, namun juga membuat rambut rentan rapuh, patah, rusak, dan berkurang lurusnya.

7. Oleskan Vitamin Rambut

Jangan lupa mengoleskan vitamin rambut supaya nutrisi rambut tetap terjaga. Vitamin membantu rambut terlihat lebih lurus dan bercahaya. Gunakan vitamin rambut untuk mendapatkan hasil rambut yang optimal.

8. Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Cara terakhir merawat rambut habis styling adalah gunakan sisir bergigi jarang. Pilih sisir bergigi jarang agar rambut tetap lurus, terhindar dari kerontokan, dan meminimalkan gesekan berlebihan pada rambut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News