Santai

Perhatikan, Ini 4 Hal yang Boleh Dilakukan saat Nyepi di Bali

Perhatikan, Ini 4 Hal yang Boleh Dilakukan saat Nyepi di Bali

MOMSMONEY.ID - Ketahui, yuk, beberapa hal yang bisa dilakukan saat rayakan Nyepi berikut ini.

Hari Raya Nyepi adalah salah satu hari raya besar yang dirayakan oleh umat Hindu terutama di Bali.

Hari Raya Nyepi biasa dikenal dengan Silence Day, di mana seluruh umat Hindu diminta untuk tidak melakukan aktivitas selain untuk pembersihan jiwa.

Bagi turis dan pendatang yang memiliki kesempatan untuk menikmati Hari Raya Nyepi di Bali, berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan saat Nyepi di Bali:

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi 2023 Bahasa Bali untuk Dibagikan di Medsos

Menonton ritual Nyepi

Ritual Hari Raya Nyepi adalah salah satu ritual besar yang masih dilakukan oleh banyak orang Hindu di Bali. Biasanya, ritual ini dilakukan di daerah pantai untuk pembersihan secara spiritual.

Sebagai turis, menonton ritual Nyepi juga bisa dilakukan namun pastikan untuk tidak mengganggu ritual atau pergi ke daerah yang jauh dari tempat tinggal.

Menyaksikan ogoh-ogoh

Salah satu ritual Nyepi yang tidak boleh dilewatkan adalah menonton parade ogoh-ogoh. Parade ini menggunakan ogoh-ogoh dalam ukuran besar yang digunakan sebagai simbol pengusiran roh atau kekuatan jahat.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan tour guide atau staf hotel untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Baca Juga: Kumpulan Twibbon Nyepi 2023, Jadikan Foto Profil dan Bagikan ke Orang Terdekat

Bermeditasi

Hari Raya Nyepi adalah waktu yang digunakan oleh umat Hindu untuk melakukan introspeksi diri dan mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Biasanya, kegiatan yang dilakukan adalah dengan melakukan meditasi dan sembahyang. Turis pun juga dapat melakukan aktivitas ini sebagai salah satu kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan saat Nyepi.

Pastikan juga untuk bermeditasi sambil menyaksikan langit Bali yang makin indah dan cantik saat Hari Raya Nyepi.

Menyiapkan makanan dan uang tunai

Karena harus berada selama 24 jam di dalam ruangan, pastikan untuk menyiapkan makanan dan minuman yang cukup selama Hari Raya Nyepi.

Selain itu siapkan juga beberapa uang tunai sebelum perayaan Hari Raya Nyepi dimulai, karena mesin ATM pun juga tidak dioperasikan.

Tak banyak restoran atau tempat makan dan juga mesin ATM yang beroperasi selam perayaan Nyepi sehingga merupakan kewajiban pribadi untuk menyiapkan makanan, minuman, uang dan kebutuhan lainnya untuk seharian.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang masih boleh dilakukan ketika merayakan Hari Raya Nyepi di Bali. Jangan lupa catat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News