Keluarga

Perhatikan Hal-hal Ini Saat Menggunakan Kompor Induksi

Perhatikan Hal-hal Ini Saat Menggunakan Kompor Induksi

MOMSMONEY.ID - Kompor listrik sedang naik daun seiring rencana pemerintah melakukan konversi kompor induksi. Jika Moms masih bingung, kompor listrik memiliki waktu yang lebih lama untuk memanaskan tungku jika dibandingkan kompor gas. Melansir Tasting Table, kompor induksi menggunakan elektromagnetik untuk memanaskan panci. Sehingga lebih cepat panas. 

Namun baik kompor listrik dan induksi memiliki konsep utama yang hampir mirip. Kompor ini menggunakan sumber utama listrik dan karakternya sama. Nah jika Moms mau menggunakan kompor ini, bisa menyimak hal-hal penting di bawah ini!

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Usia Ideal Kompor Hanya 5 Tahun Lho Moms!

Gunakan alat masak dengan dasar yang datar

Dasar alat masak yang datar memudahkan Anda memasak di kompor listrik. Apalagi kompor yang digunakan terbuat dari permukaan kaca yang datar.Sebab jika alat masak Anda memiliki dasar yang cembung, masakan bakal lebih mudah tumpah.

Ganti alat masak yang ramah pada permukaan kompor listrik dari kaca

Kompor induksi yang memiliki permukaan kaca sangat mudah pecah atau retak. Maka dari itu perlu bagi Moms mengganti alat masak yang berbahan baja tahan karat. Sebab alumunium, tembaga atau besi sangat mudah membuat permukaa kompor jadi kasar dan tergores. Selain itu pilih alat pembersih khusus untuk membersihkan kompor Anda di rumah.

Siapkan bahan masakan saat Anda memanaskan kompor induksi

Kompor listrik terkenal lama untuk memanaskan tungku. Jika Anda tidak memiliki kompor listrik dengan kualitas yang sangat bagus dan perlu waktu yang lama sampai kompor panas maka gunakan waktu tersebut untuk menyiapkan bahan masakan. Anda perlu memanaskan kompor dengan suhu sedang, kemudian potong bahan masakan. Jika sudah panas, Anda bisa langsung memasak. 

Anda bisa menggunakan besi grill

Anda bisa meletakan besi untuk memanggan ini di atas permukaan kompor listrik. Biarkan panas mengalir di besi tersebut, dan Anda bisa memanggang tanpa harus ada rasa asap. 

Baca Juga: Kompor Induksi vs Kompor Gas: Mana yang Lebih Berbahaya?

Masak dengan porsi yang kecil

Terutama jika Anda akan memasak tumisan. Anda bisa membiarkan wajan di atas kompor dengan suhu tinggi. Biarkan sampai berasap dan masukkan bahan-bahan tumisan. Masak dalam porsi kecil sehingga panas di wajan tidak akan terlalu turun saat Anda memasukan bahan-bahan lain yang suhunya lebih dingin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News