HOME, Keluarga

Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini Supaya Hamster Peliharaan Berumur Panjang

Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini Supaya Hamster Peliharaan Berumur Panjang

MOMSMONEY.ID - Memilih hamster sebagai hewan peliharaan sebenarnya memiliki beberapa keuntungan dalam hal perawatan. Mereka umumnya mudah dirawat, tidak banyak menghabiskan biaya, dan hemat tempat. Namun, hal terpenting dalam merawatnya adalah memberikannya perhatian dan selalu menjaga kebersihan. Ini akan membuat kehidupan hamster menjadi sehat dan bahagia.

Namun, meski hamster Anda tampak sehat, umur mereka memang jauh lebih pendek daripada hewan peliharaan lainnya. Oleh karena itu, makanan sehat saja tidak cukup untuk membuat hamster Anda panjang umur. Jika Anda ingin memelihara hamster yang sehat dan berumur panjang, dilansir dari Petkeen, ini hal-hal yang harus diperhatikan.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Kerontokan Bulu pada Hewan Hamster

Pengaturan Habitat yang Aman

Pengaturan habitat hamster memang tidak dapat memengaruhi kualitas hidupnya dan berdampak pada umur mereka secara keseluruhan. Namun, memberikan habitat yang aman akan membuat hamster terhindar dari hal-hal yang memperpendek umurnya.

Misalnya, Anda memberikan habitat terbuat dari kandang kawat. Kawat ini mungkin akan terlepas dan akan mencelakai kakinya yang dapat mengembangkan infeksi bakteri. Juga, jika hamster Anda tak memiliki sesuatu untuk dikunyah dan mereka mengunyah komponen habitatnya, ini akan membahayakan kesehatannya.

Untuk menjaga hamster Anda tetap sehat dan aman, beri mereka tempat tinggal dari kaca atau plastik daripada kawat. Jika Anda menggunakan kawat, pastikan untuk memeriksanya secara rutin apakah semua komponen masih terpasang dengan benar. Beri juga mainan roda yang terbuat dari bahan plastik atau logam yang tak memiliki bukaan yang dapat membuat kaki mereka terjepit. Selain itu, menyediakan mainan kunyah yang tepat untuk mereka akan memungkinkan memuaskan naluri mengunyah mereka.

Kualitas Perawatan

Kualitas perawatan yang diterima hamster akan berdampak pada kesehatan dan umur mereka secara keseluruhan. Perawatan ini bisa berasal dari habitat yang Anda berikan, makanan yang layak, minuman air bersih, dan hal-hal lainnya selama Anda menangani hamster. Kualitas perawatan juga dapat Anda tingkatkan dengan menjadwalkan pemeriksaan ke dokter hewan sekali atau dua kali setahun.

Selain itu, jangan pernah meninggalkan hamster di tempat yang tidak aman terutama dari hewan-hewan besar seperti kucing dan anjing. Membuat hamster merasa terancam dan tertekan akan membuat mereka stres dan cepat jatuh sakit.

Diet Sehat dan Olahraga

Dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan pola makan hamster peliharaan dan aktivitas mereka. Hamster yang terlalu banyak makan makanan tinggi kalori seperti biji bunga matahari akan menjadi gemuk. Jika mereka kegemukan, ini akan menyebabkan masalah kesehatan.

Oleh karena itu, selain memberikan produk makanan pelet komersial, Anda juga dapat menawarinya potongan buah atau sayuran segar untuk melengkapi nutrisi mereka. Beberapa buah dan sayuran segar yang aman untuk hamster adalah apel tanpa biji, brokoli, bok choy, dan sayuran berdaun hijau tua lainnya.

Dalam hal olahraga, rata-rata hamster dapat berlari setara dengan 20 mil setiap hari. Mereka suka beraktivitas seperti menjelajah, mengunyah rumput, dan berlari di roda putar. Maka, memberikan kandang yang luas dan menyediakan roda putar sangat disarankan. Selain itu, Anda perlu mengetahui bahwa hamster adalah hewan nokturnal yang mana mereka aktif pada malam hari dan sering tidur pada siang hari.  

Baca Juga: 5 Manfaat Kayu Manis untuk Anjing Peliharaan

Awasi Adanya Cedera

Dilansir dari Petmd.com, cedera sama relevannya dengan masalah panyakit pada hamster. Meski kandang merupakan tempat berlindung yang benar-benar aman, tetapi Anda tak pernah tahu bahaya apa yang akan terjadi. Hamster mungkin mengalami cedera saat mereka bermain di dalam kandang atau kakinya patah saat mereka jatuh dari roda berputar. Maka, cek kondisi hamster secara berkala untuk mengetahui adanya cedera di tubuhnya atau tidak.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menjauhi alas berbahan dasar serutan kayu cedar dan pinus karena dapat berbahaya untuk hamster. Ini berpotensi menyebabkan iritasi mata, iritasi kulit, dan iritasi pernapasan. Tidak terlalu banyak menaruh alas yang wangi juga disarankan karena aroma yang terlalu wangi dapat membingungkan hamster. Alas untuk hamster yang paling ideal adalah pasir kayu, pasir mineral, pasir kertas, dan serutan aspen.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News