HOME, Santai

Perhatikan Dulu Etika Melamar Kerja Ini Agar Tidak Auto Ditolak

Perhatikan Dulu Etika Melamar Kerja Ini Agar Tidak Auto Ditolak

MOMSMONEY.ID - Dalam melamar kerja tentu saja ada beberapa etika yang harus diperhatikan oleh pelamar kerja. Dengan memperhatikan etika tersebut tentu saja peluang untuk diterima kerja akan menjadi lebih besar.

Namun, kadang etika tersebut kurang begitu diterapkan terutama bagi para fresh graduate maupun pelamar kerja lainnya. Sebelum melamar kerja ada baiknya memperhatikan beberapa etika berikut ini agar peluang diterima lebih besar.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Menghilangkan Ngantuk saat Bekerja

Email kosong

Melamar kerja saat ini sudah dipermudah dengan adanya teknologi email untuk mengirim lamaran pekerjaan. Dalam etika melamar pekerjaan, ada baiknya untuk memperhatikan cara mengirim email yang tepat.

Membiarkan body dan subjek email yang kosong bisa membuat lamaran pekerjaan auto ditolak. Maka dari itu selalu isi bagian body dan subjek email jika mengirim lamaran pekerjaan dengan email.

Terlambat interview

Interview merupakan proses terpenting dalam melamar pekerjaan. Saat interview adalah saat yang digunakan perusahaan untuk menilai pribadi seseorang secara langsung. 

Maka dari itu ada baiknya untuk memberikan kesan yang baik dengan datang tepat waktu saat interview. Usahakan untuk datang paling tidak 15 menit sebelum proses interview dimulai. Hal tersebut agar membuat Anda terhindar dari penilaian tidak menghargai waktu dan pihak perusahaan.

Baca Juga: Merasa Susah Konsentrasi? Coba Terapkan Teknik Pomodoro untuk Latih Fokus Anda

Pakaian 

Menggunakan pakaian yang rapi dan sopan saat interview juga menjadi poin penting untuk bisa diterima kerja. Baik interview secara online maupun offline, usahakan untuk selalu tampil rapi dan professional saat proses interview.

Hindari menggunakan kaos atau pakaian santai saat proses interview berlangsung. Agar nilai profesionalitas Anda bisa mendapatkan nilai baik di mata perusahaan.

Bahasa tubuh

Penting untuk mengetahui bagaimana bersikap baik dan sopan selama proses interview. Bahasa tubuh bisa memberikan kesan positif ataupun negatif. 

Sebaiknya hindarilah memberikan bahasa tubuh yang berkesan negatif seperti terlalu santai dan menghindari kontak mata. Usahakan untuk selalu memberikan bahasa tubuh yang menarik dan sopan saat berlangsungnya proses interview.

Selanjutnya: 5 Bahasa Tubuh yang Harus Dihindari Agar Tidak Berikan Kesan Buruk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News