Keluarga

Perhatikan! 8 Barang Ini Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Perhatikan! 8 Barang Ini Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

MOMSMONEY.ID - Setelah belanja bahan-bahan masakan yang segar, Anda pasti sering langsung menyimpannya di kulkas. Tentu ini Anda lakukan supaya bahan makanan tetap segar sampai Anda olah. 

Namun ternyata ada beberapa barang atau bahan makanan yang sebaiknya tidak Anda simpan di kulkas. Ada beberapa bahan dapur yang sebaiknya disimpan di suhu ruangan karena jika disimpan di kulkas justru akan rusak. 

Yuk intip bahan-bahan apa saja yang tidak boleh Anda simpan di kulkas berdasarkan pendapat para ahli. Ikuti anjuran ini supaya belanjaan Anda tak sia-sia.

Baca Juga: Yuk Kenali Soal Generasi Zalpha, Generasi Antara Gen Z dan Alpha

8 bahan makanan ini tidak boleh Anda simpan di kulkas

1. Buah-buahan yang perlu dimatangkan

Apabila Anda memiliki buah yang belum matang, sebaiknya jangan disimpan di kulkas. Meja adalah tempat paling baik untuk buah-buahan yang masih harus dimatangkan. Setelah matang, buah-buahan bisa dimasukkan di kulkas kecuali pisang atau tomat.

2. Alpukat

Apabila Anda memiliki alpukat yang belum begitu matang, maka alpukat adalah salah satu bahan makanan yang tak boleh Anda simpan di kulkas. Melansir Homes and Gardens, jika Anda menyimpan alpukat di kulkas maka rasa alpukat akan jadi tak begitu nikmat.

Suhu dingin pada kulkas dapat memperlambat proses pematangan alpukat dan membuat dagingnya jadi keras. Sehingga ini akan mempengaruhi rasa dan tekstur alpukat. Bahkan bisa membuat warna daging alpukat tidak menarik. 

Namun jika Anda memiliki alpukat yang sudah matang dan belum akan Anda makan atau olah, sebaiknya simpan di kulkas. Menyimpan alpukat di kulkas dapat memperlambat proses pematangan. 

3. Roti dan pisang

Bahan makanan yang tidak boleh Anda simpan di kulkas selanjutnya adalah roti dan pisang. Sebaiknya Anda menyimpang roti dan pisang di suhu ruangan atau di freezer

Jika Anda menyimpan roti di kulkas, maka roti akan mengering. Sedangkan menyimpan pisang di kulkas akan membuat pisang menghitam. Nah untuk menyimpan pisang, sebaiknya kupas terlebih dahulu dan simpan di freezer untuk dijadikan smoothies atau pisang panggang. 

4. Paprika, timun dan tomat

3 jenis bahan makanan ini adalah bahan makanan yang sering disimpan di kulkas. Padahal sebaiknya Anda tak menyimpan paprika, timun dan tomat di kulkas karena akan membuat ketiga bahan makanan ini kehilangan rasa dan kualitasnya. 

Anda sebaiknya menyimpan paprika, timun dan tomat di suhu ruangan. Ini demi menjaga nutrisi dan rasa ketiganya. 

5. Acar

Saat Anda memiliki acar di makanan utama, pasti Anda sering menyimpan acar yang tak habis di dalam kulkas. Padahal tanpa dimasukan ke kulkas, acar sudah mengalami proses pengawetan. Sehingga acar tak membutuhkan pendingin untuk membuatnya awet.

6. Bawang merah dan bawang putih

Bawang merah dan bawang putih juga temasuk bahan makanan yang tidak perlu disimpan di kulkas. Kualitasnya akan lebih terjaga apabila bawang merah dan bawang putih disimpan di lokasi yang memiliki banyak udara. Kecuali bawang merah dan bawang putih yang sudah dikupas. 

Bawang merah dan bawang putih yang sudah dikupas akan lebih mudah terkontaminasi bakteri. Sehingga sebaiknya Anda menyimpannya di kulkas. 

7. Kopi

Kopi juga termasuk barang atau bahan yang tidak boleh Anda simpan di kulkas. Jika Anda menyimpan kopi di kulkas maka rasanya akan seperti basi dan menjadi tidak enak. Maka sebaiknya Anda bisa menyimpan kopi di wadah yang kedap udara.

Baca Juga: Berapa Biaya yang Dibutuhkan Untuk Membeli Peralatan Kopi Lengkap Di Rumah?

8. Labu, terong dan ubi jalar
Tiga jenis sayuran dan buah ini juga sebaiknya tidak boleh disimpan di kulkas. Jika disimpan di kulkas, bahan-bahan ini akan mudah lembek, bau dan memproduksi solanine, zat beracun yang ditemukan di kentang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News