HOME, Bugar

Perhatikan 4 Hal Dasar Saat Merawat Kecantikan Kulit Wajah Bagi Pemula

Perhatikan 4 Hal Dasar Saat Merawat Kecantikan Kulit Wajah Bagi Pemula

MOMSMONEY.ID - Merawat kecantikan kulit perlu dilakukan sejak dini. Ada beberapa hal dasar yang harus Anda ketahui saat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, apalagi untuk pemula. Agar tidak salah langkah, berikut hal cara merawat kecantikan kulit wajah bagi pemula dilansir dari natur-e.co.id, yaitu:  

1. Lakukan Double Cleansing

Merawat kecantikan kulit wajah bagi pemula pertama adalah melakukan double cleansing. Double cleansing bertujuan untuk membersihkan wajah secara menyeluruh. Tanpa double cleansing yang tepat, kotoran, sebum, keringat, dan sisa makeup bisa masuk jauh ke dalam pori-pori kulit.

Gunakan pembersih berbahan dasar minyak diikuti dengan pembersih berbahan dasar air. Walaupun membutuhkan waktu lebih, tetapi cara ini dijamin akan membebaskan Anda dari berbagai masalah kulit yang bisa dialami oleh kulit berminyak maupun kulit kering dan sensitif.

2. Hindari Scrub Terlalu Sering

Selanjutnya, hindari scrub terlalu sering. Scrub berfungsi untuk membersihkan minyak dan kotoran hingga ke dalam pori-pori kulit, serta mengangkat sel kulit mati. Namun, jika dilakukan terlalu sering malah akan mengakibatkan kulit rentan mengalami iritasi seperti kemerahan, gatal, dan perih. 

Oleh karena itu, manfaatkan exfoliating acid untuk membantu menghilangkan tumpukan sel kulit mati, tanpa menghilangkan kelembapan alaminya. Selain itu, segera aplikasikan pelembap usai melakukan eksfoliasi agar terhindar dari masalah kulit kering. Lakukan eksfoliasi 1-2 kali dalam seminggu. 

Baca Juga: Pahami 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe Secara Alami

3. Jangan Lupakan Sunscreen

Merawat kecantikan kulit wajah bagi pemula selanjutnya adalah gunakan selalu sunscreen. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari setiap hari. Wajar saja jika perlindungan dari sinar UVA dan UVB setiap harinya wajib dilakukan, khususnya bagi kulit remaja.

Selain mencegah hiperpigmentasi, kulit pun terbebas dari kering dan kusam. Coba kenakan cardigan tipis saat mengemudikan kendaraan, topi yang longgar untuk menutupi wajah, hingga rutin mengaplikasikan pelembap yang mengandung tabir surya alami.

4. Atur Pola Makan 

Merawat kecantikan kulit wajah bagi pemula lainnya adalah atur pola makan. Selain perawatan dari luar, Anda perlu mengatur konsumsi makanan setiap harinya. Pilihlah makanan yang sehat untuk kesehatan kulit. 

Mulai dengan tingkatkan konsumsi buah dan sayur yang kaya akan antioksidan, juga asupan lemak sehat yang berasal dari kacang-kacangan, biji-bijian, maupun minyak zaitun. Selain itu, penuhi juga cairan tubuh Anda dengan minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas/hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News