Bugar

Perempuan Wajib Tahu! Ini 5 Tanda Haid Tidak Normal yang Harus Diwaspadai

Perempuan Wajib Tahu! Ini 5 Tanda Haid Tidak Normal yang Harus Diwaspadai

MOMSMONEY.ID - Tanda haid tidak normal yang dialami perempuan berbeda-beda dan perlu diketahui sebagai sesuatu yang perlu diwaspadai.

Setiap wanita akan memiliki periode haid yang berbeda. Ada yang mengalami haid selama tiga hari saja sementara yang lain mungkin mengalaminya selama seminggu penuh.

Selain itu, intensitas darah yang keluar juga berbeda-beda, ada yang ringan hingga berat sehingga menyebabkan ketidaknyamanan.

Akibat gejala yang berat, tidak jarang juga wanita memutuskan untuk tidak beraktivitas pada hari pertama haid.

Baca Juga: Cara Mengatasi Keputihan yang Mengganggu, Moms Wajib Tahu!

Dilansir dari Women's Health, berikut ini adalah beberapa tanda haid tidak normal yang perlu Anda waspadai, di antaranya:

Perdarahan berat

Volume darah periode bisa bervariasi tiap wanita. Jika Anda membutuhkan satu atau lebih banyak pembalut selama waktu singkat, ini bisa jadi gejala dari menorrhagia.

Kondisi ini bisa terjadi bersamaan dengan tanda anemia, seperti kelelahan atau sesak napas. Jika mengalami kondisi ini, disarankan menemui dokter spesialis kandungan di rumah sakit. 

Telat haid

Ini adalah tanda haid yang tidak normal kedua. Beberapa wanita bisa saja memiliki haid yang teratur daripada yang lain, tetapi sebagian besar mendapatkan haid sekitar sekali setiap 28 hari.

Jika haid tiba-tiba berhenti, mungkin ada beberapa alasannya, salah satu kemungkinan adalah kehamilan, dan tes kehamilan dapat dengan cepat dan mudah menentukan jawabannya.

Haid terlalu sebentar atau terlalu lama 

Periode normal haid dapat berlangsung antara dua hingga tujuh hari. Penggunaan kontrasepsi hormonal juga dapat mempersingkat siklus. Periode menuju menopause juga bisa mengganggu siklus normal.

Namun, ketika haid tiba-tiba menjadi jauh lebih singkat, ini bisa saja menjadi tanda dari beberapa penyakit, misalnya ketidakseimbangan hormon, fibroid, atau polip.

Baca Juga: Informasi Seputar Program Hamil yang Bisa Anda Ketahui

Nyeri payudara

Payudara mungkin terasa sedikit lunak selama haid, ini karena terjadi fluktuasi kadar hormon. Terkadang ada rasa sakit tepat di ketiak di mana ada beberapa jaringan payudara yang disebut Tail of Spence.

Jika payudara sakit atau sakit tidak seperti siklus bulanan, Anda harus mewaspadainya. Meskipun nyeri payudara biasanya bukan karena kanker, tetapi itu bisa merupakan gejala penyakit yang serius. 

Diare atau muntah

Tanda haid yang tidak normal selanjutnya adalah sakit perut saat haid. Setidaknya 73 persen wanita melaporkan mengalami sakit perut, diare, atau keduanya sekitar waktu haid mereka.

Jika gejala-gejala ini tampak tidak normal, ini bisa mengindikasikan kondisi medis yang serius. Diare atau muntah yang berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi, maka pemeriksaan di rumah sakit perlu segera dilakukan. 

Itulah beberapa tanda haid tidak normal yang perlu Anda waspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News